Werdianti, Novi Herlina (2021) IMPLEMENTASI APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (773kB) |
|
Text (BAB II)
BAB I.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (969kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Souce Code-17.12.0242-Novi Herlina Werdianti - Novi Herlina Werdianti.rar Restricted to Repository staff only Download (284MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0242-Novi Herlina Werdianti - Novi Herlina Werdianti.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
Abstract
Pada masa pandemi seperti saat ini, sangat berdampak ke banyak sektor, salah satunya yaitu sektor pendidikan. Karena belum bisa belajar secara tatap muka maka guru di Taman Kanak-kanak dituntut untuk memberikan pembelajaran yang interaktif dan tidak menggunakan media yang konvensional supaya anak lebih tertarik dan tidak merasa cepat bosan dalam mempelajari huruf hijaiyah. Untuk meningkatkan ketertarikan anak dalam belajar huruf hijaiyah maka dibutuhkan suatu media pembelajaran yang menarik seperti aplikasi di smartphone. Aplikasi yang dimaksud adalah sebuah aplikasi pembelajaran yang didalamnya juga terdapat permainan, seperti Augmented Reality (AR). Banyak bidang yang dapat menggunakan teknologi Augmented Reality salah satunya dalam dunia pendidikan sebagai media pembelajaran. Untuk menarik dan mengefektifkan anak dalam pembelajaran huruf hijaiyah dapat menggunakan aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai proses pembelajaran. Teknologi Augmented Reality diharapkan dapat membuat anak lebih tertarik dan tidak merasa bosan pada proses pembelajaran dengan bermain sambil belajar, karena media disajikan yaitu objek 3D sehingga anak dapat menerima visualisasi yang lebih jelas.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, huruf hijaiyah, Augmented Reality (AR), ord: Learning media, hijaiyah letters | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:38 | ||
Last Modified: | 10 Aug 2023 06:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1239 |
Actions (login required)
View Item |