MEDIA EDUKASI VITAMIN DALAM BUAH-BUAHAN UNTUK ANAK ANAK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Priyambudi, Rizkianto Hendrawan (2015) MEDIA EDUKASI VITAMIN DALAM BUAH-BUAHAN UNTUK ANAK ANAK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (717kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 13.21.0691 Rizkianto Hendrawan Priyambudi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (54MB)

Abstract

Sebelum maraknya peranan multimedia sebagai media pembelajaran atau edukasi, para orang tua ataupun para tenaga pendidik terkadang memberikan penjelasan dan pengenalan buah-buahan secara konvensional yaitu menjelaskan dengan menggunakan gambar 2D, menggunakan alat bantu berupa replika buahbuahan, atau bahkan hanya sekedar menggambarnya di papan tulis. Dapat dipastikan dengan metode konvensional seperti ini akan banyak banyak ditemui kendala dan kekurangannya, seperti beberapa anak mengalami kejenuhan, apalagi untuk anak usia dini masih dalam masa kanak-kanak yang senang bermain dan cenderung aktif serta ingin lebih interaktif. Dari hal tersebut, maka diperlukan suatu aplikasi untuk mengimplementasikan dan memperkenalkan buah-buahan serta segala kandungan vitamin di dalamnya yang memanfaatkan teknologi augmented reality dan aplikasinya dapat digunakan oleh orang tua atau tenaga pendidik kapanpun dan dimanapun untuk media belajar anak-anak. Dengan media edukasi yang menerapkan teknologi augmented reality ini, diharapkan akan membuat anakanak lebih mudah dalam hal mengingat dan lebih tertarik terhadap apa yang akan dipelajarinya karena disajikan dalam tampilan dalam grafis dan visualisasi 3D dalam yang menyenangkan. Adanya sistem yang baru yang berbasis desktop ini, akan menambah kreatifitas penyampaian materi atau media pembelajaran kepada anak-anak. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada anak-anak sanggar belajar dan TPA di Dusun Soka Wetan, Merdikorejo, Tempel, Sleman adanya penerapan teknologi augmented reality untuk media edukasi vitamin dalam buah-buahan untuk anakanak, dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar bagi anak-anak. Hal ini ditandai dengan antusiasnya anak-anak dalam melakukan percobaan pada media pembelajaran tersebut dan dapat menjelaskan kembali secara aktif. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality ini sebagai media edukasi, anak-anak pun dapat bermain sambil belajar secara lebih interaktif serta mengenal dunia TI lebih jauh lagi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Media Edukasi, Interaktif, Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Dec 2022 06:21
Last Modified: 20 Nov 2023 03:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12144

Actions (login required)

View Item View Item