Priyambudi, Rizkianto Hendrawan (2015) MEDIA EDUKASI VITAMIN DALAM BUAH-BUAHAN UNTUK ANAK ANAK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (717kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (114kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 13.21.0691 Rizkianto Hendrawan Priyambudi.zip Restricted to Repository staff only Download (54MB) |
Abstract
Sebelum maraknya peranan multimedia sebagai media pembelajaran atau edukasi, para orang tua ataupun para tenaga pendidik terkadang memberikan penjelasan dan pengenalan buah-buahan secara konvensional yaitu menjelaskan dengan menggunakan gambar 2D, menggunakan alat bantu berupa replika buahbuahan, atau bahkan hanya sekedar menggambarnya di papan tulis. Dapat dipastikan dengan metode konvensional seperti ini akan banyak banyak ditemui kendala dan kekurangannya, seperti beberapa anak mengalami kejenuhan, apalagi untuk anak usia dini masih dalam masa kanak-kanak yang senang bermain dan cenderung aktif serta ingin lebih interaktif. Dari hal tersebut, maka diperlukan suatu aplikasi untuk mengimplementasikan dan memperkenalkan buah-buahan serta segala kandungan vitamin di dalamnya yang memanfaatkan teknologi augmented reality dan aplikasinya dapat digunakan oleh orang tua atau tenaga pendidik kapanpun dan dimanapun untuk media belajar anak-anak. Dengan media edukasi yang menerapkan teknologi augmented reality ini, diharapkan akan membuat anakanak lebih mudah dalam hal mengingat dan lebih tertarik terhadap apa yang akan dipelajarinya karena disajikan dalam tampilan dalam grafis dan visualisasi 3D dalam yang menyenangkan. Adanya sistem yang baru yang berbasis desktop ini, akan menambah kreatifitas penyampaian materi atau media pembelajaran kepada anak-anak. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada anak-anak sanggar belajar dan TPA di Dusun Soka Wetan, Merdikorejo, Tempel, Sleman adanya penerapan teknologi augmented reality untuk media edukasi vitamin dalam buah-buahan untuk anakanak, dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar bagi anak-anak. Hal ini ditandai dengan antusiasnya anak-anak dalam melakukan percobaan pada media pembelajaran tersebut dan dapat menjelaskan kembali secara aktif. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality ini sebagai media edukasi, anak-anak pun dapat bermain sambil belajar secara lebih interaktif serta mengenal dunia TI lebih jauh lagi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Media Edukasi, Interaktif, Augmented Reality | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Dec 2022 06:21 | ||
Last Modified: | 20 Nov 2023 03:25 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/12144 |
Actions (login required)
View Item |