MAKNA “SELF CONFIDENCE” DALAM IKLAN DOVE VERSI #RAMBUTAKUKATAAKU(ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

-, Sulistianingsih (2021) MAKNA “SELF CONFIDENCE” DALAM IKLAN DOVE VERSI #RAMBUTAKUKATAAKU(ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Rambut tidak hanya berfungsi sebagai pelindung kepala, melainkan sebagai elemen penunjang penampilan, karenanya pilihan gaya rambut adalah hak bagi setiap pemiliknya. Disisi lain, hadirnya berbagai stereotip mengenai standar kecantikan rambut yang membuat para perempuan Indonesia mengalami keresahan hingga membuat ruang geraknya menjadi terbatas. Perempuan yang tidak dapat memenuhi standar dimata masyarakat dianggap seolah-olah perempuan itu tidak cantik. Hal ini dibuktikan oleh riset yang dilakukan Dove pada tahun 2017 dalam Beauty Confidence Indonesia Report 2017, hasil yang menyebutkan bahwa sebanyak 84% perempuan Indonesia tidak menyadari bahwa dirinya cantik. Dalam iklan Dove versi #RambutAkuKataAku yang menjadi objek penelitian ini mengangkat isu kecantikan rambut perempuan, dalam videonya terdapat enam perempuan dengan gaya rambut yang berbeda-beda dan menceritakan bagaimana mereka akhirnya bisa keluar dari stereotip gaya rambut yang selama ini mengikuti mereka. Penelitian ini membahas tentang makna “self-confidence” yang terdapat dalam sebuah iklan televisi yaitu iklan Dove versi #RambutAkuKataAku. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model teori semiotika Roland Barthes. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa makna “self-confidence” yang terdapat dalam iklan Dove versi #RambutAkuKataAku adalah sebuah motivasi untuk berani tampil percaya diri dalam berpenampilan yang sesuai keinginan dan kemampuan kita dengan menampilkan versi terbaik dalam diri. Serta menyadari dan mengingatkan bahwa semua perempuan cantik terlepas dari apapun gaya rambutnya, karena rambut yang indah adalah rambut yang sehat dan terawat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaningga, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Semiotika Roland Barthes, Makna Iklan, Percaya Diri, Iklan Dove, Rambut, Perempuan, Stereotip, Cantik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Jun 2022 08:58
Last Modified: 11 Aug 2023 06:45
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1192

Actions (login required)

View Item View Item