PENGARUH KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSIT AMIKOM DI MASA PANDEMI COVID-19

Maheru, Indra (2021) PENGARUH KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSIT AMIKOM DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)

Abstract

Ditengah pandemi Covid-19, komunikasi merupakan hal yang harus tetap berjalan guna menyampaikan berbagai informasi termasuk dalam kegiatan belajar mengajar pada jenjang Universitas. Jika sebelumnya mahasiswa dapat berkomunikasi langsung untuk melakukan kegiatan pembelajaran, pada masa pandemi komunikasi dilakukan secara digital. Keharusan melakukan komunikasi digital dianggap mampu membuat mahasiswa mempelajari materi perkuliahan walaupun dimasa pandemi sehingga mahasiswa termotivasi untuk tetap belajar. Hal demikian juga terjadi pada Universitas Amikom Yogyakarta yang telah melakukan komunikasi digital sejak peraturan pemerintah berlaku dalam rangka mengurangi angka penyebaran Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi digital terhadap motivasi belajar mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom di masa pandemi Covid-19. Metodelogi penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis field research. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 977 mahasiswa sedangkan sampel penelitian sebanyak 91 sampel yang diambil menggunakan teknik Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi digital memiliki pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar sebagaimana setiap peningkatan 1% dari komunikasi digital maka akan meningkatkan 0,411% dari motivasi belajar mahasiswa program studi Ilmu KomunikasiUniversitas Amikom selama masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agustina, Dwi Pela
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Digital, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Jun 2022 08:48
Last Modified: 11 Aug 2023 06:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item View Item