Susanto, Sebastian Arby (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME RPG UNTUK SOAL CERITA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN RPG MAKER MZ. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (452kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0250-Sebastian Arby Susanto - Arby Susanto.rar Restricted to Repository staff only Download (170MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0250-Sebastian Arby Susanto - Arby Susanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan Game RPG Soal Math Story yang dibuat dengan menggunakan software Role Playing Game (RPG) Maker MZ. Game ini berisi materi tentang masalah matematika yang dikemas menjadi cerita dalam game ini yang diharapkan dapat menjadi media pembelajaran bagi anak usia 4-7 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development yang menggunakan tahapan penelitian (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan, (3) implementasi, (4) validasi, (5) revisi dan (6) pengujian produk. Tahap menganalisis kebutuhan standar kompetensi dan menganalisis spesifikasi kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak. Tahap desain akan meliputi desain jalan cerita, desain tampilan, flowchart dan pembuatan karakter dalam game. Tahap implementasi merupakan tahap mewujudkan desain menjadi produk yang sebenarnya. Tahap validasi dilakukan untuk menilai kelayakan dari game yang telah dirancang dan dibuat yang kemudian ditentukan oleh para ahli untuk mendapatkan kritik dan saran yang diperlukan untuk perbaikan agar game menjadi lebih baik lagi. Tahap uji coba dilakukan dengan penerapan langsung dalam pembelajaran anak. Pada tahap uji coba, tes ini dilakukan pada responden berusia 4-7 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh diolah dengan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kelayakan game ini. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat kelayakan menurut ahli materi adalah 96% yang termasuk dalam kategori sangat layak dan anak-anak sebagai pengguna adalah 83,75% yang dapat dikategorikan sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game RPG tentang matematika termasuk dalam kategori layak sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Soal matematika, RPG Maker MZ, Media pembelajaran Game RPG, Math problem, instructional Media | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Jun 2022 08:07 | ||
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:02 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1168 |
Actions (login required)
View Item |