-, Panji (2021) POLA SPASIAL TRANSPORTASI ONLINE DI KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN MENGGUNAKAN NEAREST NEIGHBOR ANALYSIS (Studi Kasus : Grabfood). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (672kB) |
|
Text (SKRIPSI)
NASKAH LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi - 17.85.0020 - Panji.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
Abstract
Transportasi online telah menjadi pilihan alternatif menggantikan transportasi konvensional di Yogyakarta. Fenomena pemanfaatan transportasi online akan terus meningkat bersamaan dengan meningkatnya jumlah penduduk di Yogyakarta yang dapat menjadi konsumen yang potensial bagi transportasi online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola sebaran spasial lokasi resto Grabfood dan pola temporal lokasi pelanggan Grabfood dalam seminggu serta mengetahui karakteristik pelanggan Grabfood di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tracking riwayat pesanan Grabfood pada Driver ojek online dalam seminggu tanggal 01-07 Maret 2021 dan data karakteristik pelanggan Grabfood. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan stratified sampling. Tehnik analisis yangk digunakan adalah Nearest Neighbor Analysis. Hasil penelitian menunjukan 1) persebaran lokasi resto Grabfood di Kecamatan Depok memiliki pola menyebar dengan jumlah pemesanan resto tertinggi di Desa Caturtunggal sebanyak 429 titik resto dan terendah di Desa Condongcatur 227 resto. Kecendrungan spasial pemesanan dalam satu resto terdapat pada Desa Caturtunggal tiga resto, Condongcatur dua resto dan Maguwoharjo satu resto. 2) Pola temporal persebaran lokasi pelanggan Grabfood selama seminggu tanggal 01 - 07 Maret 2021 terdapat dua pola yaitu pola mengelompok terjadi pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu, sedangkan pola menyebar terjadi pada hari Selasa, Kamis dan Minggu. Persebaran lokasi pelanggan Grabfood paling banyak terjadi pada hari Senin sebanyak 139 titik dan paling sedikit terjadi pada hari Sabtu sebanyak 107 titik. Lokasi pelanggan Grabfood merupakan wilayah mahasiswa dengan radius rata-rata jarak perguruan tinggi terhadap lokasi pelanggan Grabfood adalah 3.55km. Aksebilitas pada lokasi resto Grabfood terhadap lokasi pelanggan Grabfood adalah 3.35km hal ini menunjukan pergerakan dan persebaran transportasi online di Kecamatan Depok dalam seminggu sangat tinggi dan cepat.3) Pelanggan Grabfood di dominasi oleh jenis kelamin perempuan 65% dan laki-laki 35% yang memiliki umur paling banyak dua puluh satu tahun dengan status mahasiswa mencapai 76%. Sebanyak 28% pelanggan Grabfood dalam seminggu melakukan pemesanan layanan Grabfood paling sering sebanyak tiga kali dengan hari paling sering melakukan pemesanan pada hari Senin.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pola spasial, Pola temporal, Transportasi Online, Karakteristik pelanggan transportasi online | ||
Subjects: | 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan | ||
Divisions: | Fakultas Sains & Teknologi > Geografi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Jun 2022 07:43 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:10 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1152 |
Actions (login required)
View Item |