IMPLEMENTASI NLP DAN MULTINOMIAL NAÏVE BAYES PADA FITUR CHATBOT SWEETLANKA TRAVEL AGENCY

Rafiudin, Muhammad (2021) IMPLEMENTASI NLP DAN MULTINOMIAL NAÏVE BAYES PADA FITUR CHATBOT SWEETLANKA TRAVEL AGENCY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (557kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (ABSTRAKDAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-17.62.0105-Muhammad Rafiudin - Muhammad Rafiudin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (156MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.62.0105-Muhammad Rafiudin - Muhammad Rafiudin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu kunci yang memberikan pengaruh besar bagi kesuksesan suatu bisnis. Untuk mencapai itu, bisnis berbasis layanan, seperti perusahaan Agen Perjalanan Sweetlanka perlu memberikan layanan pelanggan yang baik kepada pelanggan. Ini dapat dicapai dengan memberikan tanggapan atas pertanyaan dan permintaan pelanggan secepatnya. Dalam hal ini, ide untuk menambahkan strategi kompetitif seperti fitur Chatbot AI ke situs web cukup menjanjikan karena dapat menyelesaikan masalah dengan membantu bisnis mengotomatiskan proses bisnis, menurunkan biaya dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan bisnis. Chatbot sendiri adalah program komputer yang dapat berinteraksi dengan pelanggan dan memahami maksud mereka serta memandu mereka pada respons yang di inginkan. Fitur ini diharapkan mampu menangani reservasi pelanggan dan menjawab pertanyaan customer seperti FAQs dengan cepat tanpa customer harus membacanya satu persatu. Namun, untuk memberikan Chatbot sebuah kemampuan untuk melakukan percakapan seperti manusia, Machine Learning, NLP (Natural Language Processing) dan Algorithm Classifier seperti Multinomial Naive Bayes diperlukan untuk mengekstrak dan mengklasifikasikan informasi dari pelanggan. Pengujian Chatbot menggunakan data training sebanyak 67 data dan data uji sebanyak 55 data berupa kalimat pertanyaan. Hasil pengujian menunjukan metode Multinomial Naïve Bayes memiliki tingkat accuracy, precision, dan recall sebesar 90%, 92%, dan 94%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: chatbot, machine learning, NLP, Naïve Bayes
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:40
Last Modified: 10 Aug 2023 07:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item View Item