Rafiudin, Muhammad (2021) IMPLEMENTASI NLP DAN MULTINOMIAL NAÏVE BAYES PADA FITUR CHATBOT SWEETLANKA TRAVEL AGENCY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (557kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (379kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (ABSTRAKDAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-17.62.0105-Muhammad Rafiudin - Muhammad Rafiudin.zip Restricted to Repository staff only Download (156MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.62.0105-Muhammad Rafiudin - Muhammad Rafiudin.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
Abstract
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu kunci yang memberikan pengaruh besar bagi kesuksesan suatu bisnis. Untuk mencapai itu, bisnis berbasis layanan, seperti perusahaan Agen Perjalanan Sweetlanka perlu memberikan layanan pelanggan yang baik kepada pelanggan. Ini dapat dicapai dengan memberikan tanggapan atas pertanyaan dan permintaan pelanggan secepatnya. Dalam hal ini, ide untuk menambahkan strategi kompetitif seperti fitur Chatbot AI ke situs web cukup menjanjikan karena dapat menyelesaikan masalah dengan membantu bisnis mengotomatiskan proses bisnis, menurunkan biaya dan pada akhirnya meningkatkan keuntungan bisnis. Chatbot sendiri adalah program komputer yang dapat berinteraksi dengan pelanggan dan memahami maksud mereka serta memandu mereka pada respons yang di inginkan. Fitur ini diharapkan mampu menangani reservasi pelanggan dan menjawab pertanyaan customer seperti FAQs dengan cepat tanpa customer harus membacanya satu persatu. Namun, untuk memberikan Chatbot sebuah kemampuan untuk melakukan percakapan seperti manusia, Machine Learning, NLP (Natural Language Processing) dan Algorithm Classifier seperti Multinomial Naive Bayes diperlukan untuk mengekstrak dan mengklasifikasikan informasi dari pelanggan. Pengujian Chatbot menggunakan data training sebanyak 67 data dan data uji sebanyak 55 data berupa kalimat pertanyaan. Hasil pengujian menunjukan metode Multinomial Naïve Bayes memiliki tingkat accuracy, precision, dan recall sebesar 90%, 92%, dan 94%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | chatbot, machine learning, NLP, Naïve Bayes | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Jun 2022 07:40 | ||
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:47 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1151 |
Actions (login required)
View Item |