MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN SOLFEGIO KELAS X DI SMM/SMKN 2 KASIHAN YOGYAKARTA

Prasetyo, Luky (2014) MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN SOLFEGIO KELAS X DI SMM/SMKN 2 KASIHAN YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
source code 10.11.4379 Luky Prasetyo.zip
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan beberapa media seperti teks, grafik, audio dan gambar gerak( animasi dan video) dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Game edukasi mengenai mata pelajaran solfegio untuk kelas X pada SMK 2 Kasihan ini merupakan sebuah game edukasi yang memberikan pelajaran tentang solfegio agar memudahkan anak dalam memahami materi serta membuat anak tidak mudah bosan. Didalam game edukasi ini, penulis akan memberikan informasi dan materi pelajaran. Tujuan dari permainan ini adalah agar anak paham dan mengerti tentang kebudayaan di Indonesia mengenai seni musik serta memudahkan dalam menerima materi tentang musik. Dalam pembuatan permainan ini penulis membuat elemen-elemen yang digunakan dalam game ini berupa karakter, background, dan elemen lainnya dengan memanfaatkan tool yang ada pada software Adobe Flash CS 5 serta menyiapkan music dan efek suara dengan mengimport ke library dimana dalam library penulis mengorganisasikan elemen-elemen tersebut. elemen yang telah disiapkan dan dibuat kemudian penulis susun dengan scene, layer, dan frame sesuai apa yang penulis rancang. Penulis memanfaatkan actionscript dan motion dalam mengatur elemenelemen pada game agar game menarik untuk dimainkan serta menambah ilmu pengetahuan anak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Actionscript, Adobe Flash CS5, Library, Game edukasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:10
Last Modified: 02 Nov 2023 07:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/11429

Actions (login required)

View Item View Item