Alfitra, Muhammad Dwisyal (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI “BERMAIN KATA” MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (45kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampirah.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Code-16.11.0336-Muhammad_Dwisyal_Alfitra - Muhammad Dwisyal Alfitra.zip Restricted to Repository staff only Download (43MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0336-Muhamma_Dwisyal_Alfitra - Muhammad Dwisyal Alfitra.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi telah berkembang dari masa ke masa. Salah satu efek perkembangannya adalah dengan munculnya sebuah game yang dapat dimainkan di perangkat teknologi salah satunya adalah telepon genggap ataupun smarthphone. Perkembangan game diikuti dengan kemajuan sistem operasi yang di optimalkan untuk membuat para penggunanya lebih rileks dan menyenangkan. Game merupakan sarana hiburan bagi kalangan semua usia, baik itu anak-anak maupun orang dewasa pasti memainkan game. Game juga dibagi atas beberapa genre tergantung tiap pengguna yang ingin mencari atau memainkan game genre jenis apa. Game sekarang juga mulai dikembangkan untuk menjadi media pembelajaran. Sehingga sebuah game dengan genre edukasi atau puzzle biasanya mengandung unsur mendidik dan mengasah tingkat kecerdasan dan kemampuan otak. Salah satu metode perancangan sebuah game yang akan digunakan dalam pembuatan game yang akan dibuat adalah Game Devolopment Life CycleI (GDLC) dan beberapa referensi yang memiliki konsep sama yaitu sebuah game terutama game yang bernuansa edukasi. GDLC sendiri memiliki beberap proses dalam pembuatannya untuk membuat sebuah game. Pada pebuatan game “Bermain Kata” sendiri menggunakan aset-aset gratis yang disediakan oleh website seperti opengameart. Berdasarkan hasil game “Bermain Kata” merupakan game yang bergenre puzzle dan edukasi. Game ini dimaksudkan untuk menghibur serta juga mendidik bagi penggunanya terutama untuk anak-anak berusia 6 tahun keatas. Game “Bermain Kata” mengedepankan nilai edukasi yang akan terisi dalam permainan ini, yang membuat penggunanya paham sebuah kata dan bahasa yang nantinya akan muncul dari game ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Smarthphone, Puzzle, GDLC, Beta test, Bermain Kata | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Jun 2022 02:35 | ||
Last Modified: | 11 Aug 2023 01:48 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1127 |
Actions (login required)
View Item |