Khamarun, Chaerul (2021) MEDIA PEMBELAJARAN HARDWARE KOMPUTER MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK JURUSAN MULTIMEDIA DI SMKN 1 POLEWALI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (682kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0319-Chaerul Khamarun - Chaerul Khamarun.rar Restricted to Repository staff only Download (49MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0319-Chaerul Khamarun - Chaerul Khamarun.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di era modern ini semakin pesat, sehingga dapat mempermudah aktivitas manusia. Salah satu diantaranya pada sektor pendidikan yang membutuhkan teknologi dalam penerapan sistem pembelajaran sehingga menjadi efektif dan fleksibel. Augmented Reality merupakan penggabungan benda nyata dan maya yang berada di lingkungan nyata dalam waktu yang nyata dan terintegrasi dengan baik dan jelas. Augmented Reality berupa objek 3D Hardware komputer yang akan ditampilkan dalam pembuatan media pembelajaran Hardware Komputer ini ada 20 objek yaitu Flashdisk, Harddisk, Headphone, Joystick, Keyboard, Microphone, Monitor, Motherboard, Mouse, Pen Tablet, Power Supply, Printer, Processor, Proyektor, RAM, Router, Speaker, SSD, VGA Card, dan Webcam. Tidak hanya itu perancangan ditambah dengan fitur lain seperti soal tentang Hardware Komputer, dan penjelasan fungsi dari masing-masing Hardware yang akan ditampilkan. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode perancangan MDLC, subjek penelitian yaitu siswa Multimedia. Dalam proses penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, dokumentasi, studi literatur, dan wawancara. Aplikasi Augmented Reality dibuat menggunakan bantuan software Vuforia dan Unity, Vuforia digunakan untuk membuat database marker yang nantinya akan digunakan sebagai penanda pada setiap objek 3D yang ingin ditampilkan, dan Unity untuk menggabungkan setiap komponen yang telah di buat lalu di export menjadi apk Augmented Reality yang dapat di di instal pada perangkat android. Hasil dari penelitian ini yaitu, Augmented Reality dapat menjadi solusi alternatif penyampaian materi untuk menampilkan visual objek Hardware Komputer dengan jelas, serta menjadi media pembelajaran yang menarik. Aplikasi memperoleh hasil persentase yang bisa dikatakan memuaskan dari aspek tampilan aplikasi yaitu dengan nilai 88,33%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Hardware Komputer, Augmented Reality, Vuforia, Unity, Media Pembelajaran, Computer Hardware, Unity, Instructional Media, Learning Media | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Jun 2022 02:10 | ||
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:22 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1116 |
Actions (login required)
View Item |