Ramadhani, Fahmi (2015) PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D “TIMUN MAS” DENGAN TEKNIK LOWPOLY MENGGUNAKAN BLENDER 2.71. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (566kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
sourcecode 10.12.4459 Fahmi Ramadhani.zip Restricted to Repository staff only Download (503MB) |
Abstract
Pembuatan animasi pendek ini adalah untuk memperkenalkan cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah, Timun Mas.Indonesia memiliki banyak legenda dan cerita rakyat yang perlu dilestarikan supaya tidak dilupakan oleh generasi seterusnya.Cerita rakyat yang mengandung nilai-nilai luhur dapat membentuk karakter pada anak. Saat ini tayangan animasi tiga dimensi yang ada di televisi banyak yang mengangkat legenda atau cerita dari luar negeri, sehingga anak-anak akan lebih mengenal kebudayaan yang berasal dari negara pembuat animasi tersebut. Tingginya harga perangkat lunak animasi 3 dimensi mengakibatkan sulitnya animator dalam negeri untuk bersaing secara global. Sehingga dibutuhkan alternatif lain untuk mengatasi masalah tersebut. Blender sebagai perangkat lunak animasi 3 dimensi yang tidak berbayar dapat menjadi solusi permasalahan tersebut.Dengan perbaikan fitur secara berkala, saat ini Blender mampu bersaing dengan perangkat lunak animasi 3 dimensi berbayar dalam segi kualitas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya film pendek yang dibuat dengan menggunakan Blender dan tetap memiliki hasil yang sama dengan buatan perangkat lunak animasi komersial lainnya. Ditunjang dengan beberapa perangkat lunak yang tidak berbayar lain seperti GIMP sebagai pengolah gambar dan Audacity sebagai pengolah suara, maka biaya pembuatan animasi 3 dimensi mampu ditekan hingga nol rupiah dalam anggaran kebutuhan perangkat lunak. Dengan memanfaatkan beberapa perangkat lunak ini, animator dalam negeri mampu bersaing secara global tanpa perlu khawatir tentang masalah lisensi.Sehingga dapat memajukan Indonesia di bidang multimedia.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 3 dimensi, Perangkat lunak Blender, Cerita rakyat Timun Mas | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 11 Nov 2022 04:08 | ||
Last Modified: | 18 Oct 2023 03:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/10674 |
Actions (login required)
View Item |