PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D “TIMUN MAS” DENGAN TEKNIK LOWPOLY MENGGUNAKAN BLENDER 2.71

Ramadhani, Fahmi (2015) PEMBUATAN FILM ANIMASI 3D “TIMUN MAS” DENGAN TEKNIK LOWPOLY MENGGUNAKAN BLENDER 2.71. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (566kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
sourcecode 10.12.4459 Fahmi Ramadhani.zip
Restricted to Repository staff only

Download (503MB)

Abstract

Pembuatan animasi pendek ini adalah untuk memperkenalkan cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah, Timun Mas.Indonesia memiliki banyak legenda dan cerita rakyat yang perlu dilestarikan supaya tidak dilupakan oleh generasi seterusnya.Cerita rakyat yang mengandung nilai-nilai luhur dapat membentuk karakter pada anak. Saat ini tayangan animasi tiga dimensi yang ada di televisi banyak yang mengangkat legenda atau cerita dari luar negeri, sehingga anak-anak akan lebih mengenal kebudayaan yang berasal dari negara pembuat animasi tersebut. Tingginya harga perangkat lunak animasi 3 dimensi mengakibatkan sulitnya animator dalam negeri untuk bersaing secara global. Sehingga dibutuhkan alternatif lain untuk mengatasi masalah tersebut. Blender sebagai perangkat lunak animasi 3 dimensi yang tidak berbayar dapat menjadi solusi permasalahan tersebut.Dengan perbaikan fitur secara berkala, saat ini Blender mampu bersaing dengan perangkat lunak animasi 3 dimensi berbayar dalam segi kualitas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya film pendek yang dibuat dengan menggunakan Blender dan tetap memiliki hasil yang sama dengan buatan perangkat lunak animasi komersial lainnya. Ditunjang dengan beberapa perangkat lunak yang tidak berbayar lain seperti GIMP sebagai pengolah gambar dan Audacity sebagai pengolah suara, maka biaya pembuatan animasi 3 dimensi mampu ditekan hingga nol rupiah dalam anggaran kebutuhan perangkat lunak. Dengan memanfaatkan beberapa perangkat lunak ini, animator dalam negeri mampu bersaing secara global tanpa perlu khawatir tentang masalah lisensi.Sehingga dapat memajukan Indonesia di bidang multimedia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Animasi 3 dimensi, Perangkat lunak Blender, Cerita rakyat Timun Mas
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Nov 2022 04:08
Last Modified: 18 Oct 2023 03:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item View Item