IMPLEMENTASI ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE PADA GAME EDUKASI SEJARAH INDONESIA

Pratama, Khairin (2021) IMPLEMENTASI ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE PADA GAME EDUKASI SEJARAH INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (727kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-17.11.1453-Khairin Pratama - Khairin Pratama.zip
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1453-Khairin Pratama - Khairin Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)

Abstract

Di era digital ini, industri game menjadi salah satu industri yang banyak diminati oleh beberapa kalangan, salah satunya kalangan remaja. Game merupakan suatu hal yang di anggap menyenangkan dan dapat digunakan untuk memuat konten edukasi yang dapat membantu dalam menyampaikan nilai-nilai positif. Pelajaran sejarah menjadi sebuah kendala bagi pelajar di Indonesia di era saat ini. Sejarah dianggap membosankan bagi beberapa pelajar di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah game edukasi yang bertemakan sejarah Indonesia berbasis android menggunakan Construct 2 dengan implementasi algoritma Fisher-Yates Shuffle sebagai pengacak soal. Dari penelitian ini, diharapkan dapat mengenalkan sejarah Indonesia kepada generasi muda melalui kegiatan favorit mereka, salah satunya adalah game, sebagai salah satu alternatif pembelajaran sejarah Indonesia yang interaktif dan menyenangkan. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa fungsionalitas pada game ini berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan sebelumnya dan juga implementasi algoritma yang diterapkan pada game ini dapat berjalan dengan baik pada permainan kuis, urutan soal saat dijalankan akan diacak oleh algoritma Fisher-Yates Shuffle sehingga urutan soal akan selalu berbeda saat pengguna memulai atau mengulang permainan kuis.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Android, Game Edukasi, Sejarah Indonesia, Fisher-Yates Shuffle
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:48
Last Modified: 10 Aug 2023 03:38
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item