Prasetya, Kurniawan Eka (2021) PEMBUATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN SENJATA ADAT DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (587kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (344kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (75kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source code_17.12.0061_Kurniawan Eka Prasetya - Kurniawan Eka Prasetya.rar Restricted to Repository staff only Download (39MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi _ 17.12.0061_ Kurniawan Eka Prasetya - Kurniawan Eka Prasetya.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang mempunyai berbagai ragam adat budaya kental yang merekat dalam masyarakat. Pergeseran budaya mulai terlihat di kalangan masyarakat yang cenderung bermain gawai disisi lain seiring perkembangan zaman senjata tradisional sudah hampir dilupakan serta edukasi budaya pada pendidikan di Indonesia kebanyakan berbentuk teks serta gambar, sehingga masyarakat kurang tertarik untuk mempelajarinya. Berdasarkan permasalahan yang ada, penulis berusaha membuat sebuah aplikasi edukasi pengenalan senjata tradisional khususnya keris sebagai objek utama dengan teknologi Augmented reality (AR) dengan menggunakan metode markerless agar nantinya masyarakat yang menggunakan lebih tertarik dalam mempelajari senjata tradisional yang ada di Indonesia. Aplikasi ini menggunakan objek 3D diharapkan masyarakat memiliki semangat dalam mempelajari senjata tradisional yang ada di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle dan dalam pengujian menggunakan metode Beta Testing dengan hasil yang didapatkan dalam penilaian Augmented reality sebagai media interaktif pengenalan senjata adat di Indonesia menggunakan metode Markerless mendapatkan presentase 85% yang menunjukan hasil aplikasi dalam kategori baik dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, Keris, MDLC, Media Interaktif, Interactive Media | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jun 2022 06:24 | ||
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:11 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1055 |
Actions (login required)
View Item |