PEMBUATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN SENJATA ADAT DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS

Prasetya, Kurniawan Eka (2021) PEMBUATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN SENJATA ADAT DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (587kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source code_17.12.0061_Kurniawan Eka Prasetya - Kurniawan Eka Prasetya.rar
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi _ 17.12.0061_ Kurniawan Eka Prasetya - Kurniawan Eka Prasetya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang mempunyai berbagai ragam adat budaya kental yang merekat dalam masyarakat. Pergeseran budaya mulai terlihat di kalangan masyarakat yang cenderung bermain gawai disisi lain seiring perkembangan zaman senjata tradisional sudah hampir dilupakan serta edukasi budaya pada pendidikan di Indonesia kebanyakan berbentuk teks serta gambar, sehingga masyarakat kurang tertarik untuk mempelajarinya. Berdasarkan permasalahan yang ada, penulis berusaha membuat sebuah aplikasi edukasi pengenalan senjata tradisional khususnya keris sebagai objek utama dengan teknologi Augmented reality (AR) dengan menggunakan metode markerless agar nantinya masyarakat yang menggunakan lebih tertarik dalam mempelajari senjata tradisional yang ada di Indonesia. Aplikasi ini menggunakan objek 3D diharapkan masyarakat memiliki semangat dalam mempelajari senjata tradisional yang ada di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle dan dalam pengujian menggunakan metode Beta Testing dengan hasil yang didapatkan dalam penilaian Augmented reality sebagai media interaktif pengenalan senjata adat di Indonesia menggunakan metode Markerless mendapatkan presentase 85% yang menunjukan hasil aplikasi dalam kategori baik dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satya, Barka
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, Keris, MDLC, Media Interaktif, Interactive Media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:24
Last Modified: 10 Aug 2023 02:11
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item