PENGEMBANGAN UI/UX APLIKASI DISDUKCAPIL KABUPATEN BERAU DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN AKSESIBILITAS LAYANAN KEPENDUDUKAN

Prasetyo, Agung (2025) PENGEMBANGAN UI/UX APLIKASI DISDUKCAPIL KABUPATEN BERAU DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN AKSESIBILITAS LAYANAN KEPENDUDUKAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (696kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4494.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut pelayanan publik yang lebih efisien dan mudah diakses. Salah satu bentuk penerapannya adalah layanan administrasi kependudukan berbasis aplikasi. Sayangnya, banyak aplikasi layanan publik masih memiliki kendala dari segi desain antarmuka (UI) dan pengalaman pengguna (UX), yang berdampak pada rendahnya kepuasan dan efektivitas penggunaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan ulang aplikasi layanan kependudukan Disdukcapil Kabupaten Berau menggunakan pendekatan Design Thinking agar dapat memberikan pengalaman layanan digital yang lebih baik dan inklusif. Pendekatan Design Thinking diterapkan melalui lima tahapan: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, serta penyebaran kuesioner kepada pengguna aplikasi, baik dari kalangan masyarakat maupun pegawai internal Disdukcapil. Setiap tahap fokus pada pemahaman kebutuhan pengguna untuk menghasilkan solusi yang tepat sasaran. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa desain ulang yang dilakukan mampu meningkatkan kemudahan penggunaan, kejelasan navigasi, dan efisiensi dalam akses layanan. Pengguna merasa lebih terbantu dalam proses layanan secara mandiri melalui aplikasi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan layanan digital publik lainnya yang berorientasi pada pengalaman pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saputro, Uyock Anggoro
Uncontrolled Keywords: Desain UI/UX, Design Thinking, Layanan Digital, Aksesibilitas, Disdukcapil
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:59
Last Modified: 05 Dec 2025 03:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31484

Actions (login required)

View Item View Item