Nabilah, Erico Rizky (2025) PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM MERANCANG PROTOTYPE UI/UX APLIKASI KONSULTASI KESEHATAN MENTAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (158kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (115kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Masalah kesehatan mental di Indonesia semakin meningkat, terutama di kalangan remaja dan dewasa. Namun, rendahnya angka pemanfaatan layanan konsultasi profesional menjadi hambatan signifikan. Kurangnya informasi, stigma sosial, dan keraguan terhadap privasi membuat masyarakat enggan menggunakan layanan yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype UI/UX aplikasi konsultasi kesehatan mental berbasis mobile dengan pendekatan Design Thinking untuk menjawab tantangan tersebut. Metode Design Thinking digunakan karena berpusat pada pengguna. Penelitian dilakukan melalui lima tahap: Empathize (pengumpulan data melalui kuisioner dan wawancara), Define (identifikasi masalah melalui affinity diagram), Ideate (pengembangan solusi melalui solution idea dan prioritization idea), Prototype (perancangan antarmuka dengan Figma), dan Test (evaluasi melalui usability testing dan System Usability Scale/SUS). Pengujian dilakukan dengan 10 responden menggunakan Maze.co. Hasil pengujian menunjukkan prototype berhasil memenuhi kebutuhan pengguna dengan tingkat keberhasilan misi 100% dan skor SUS rata-rata sebesar 90,5 (kategori Excellent). Fitur utama meliputi konsultasi via chat/video, mood tracker, artikel edukatif, test psikologi ringan, dan forum diskusi dengan opsi anonim. Aplikasi dirancang dengan UI yang sederhana dan tone warna netral untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan desain aplikasi kesehatan mental yang fungsional, mudah digunakan, dan berfokus pada pengguna.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | UI/UX, Design Thinking, Kesehatan Mental, Prototype, Usability Testing | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 02:30 | ||
| Last Modified: | 05 Dec 2025 02:30 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

