Ramdani, Lutfi Nadha Bachtiar (2025) ANALISIS UI/UX PADA WEBSITE TOP UP GAME SKAK GAMING MENGGUNAKAN METODE UEQ. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (188kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (83kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
Abstract
Pertumbuhan pesat industri game online di Indonesia mendorong tingginya kebutuhan layanan top-up game yang cepat dan aman, salah satunya melalui platform Skak Gaming. Namun, berdasarkan temuan awal, website Skak Gaming masih menghadapi beberapa permasalahan pada aspek pengalaman pengguna (user experience/UX), seperti navigasi yang kurang jelas, tampilan yang kurang menarik, serta umpan balik yang belum optimal, yang berpotensi menurunkan kepuasan dan loyalitas pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengalaman pengguna pada website Skak Gaming menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) serta memberikan rekomendasi perbaikan berbasis data empiris. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuisioner UEQ yang melibatkan 50 responden aktif pengguna Skak Gaming. Peneliti melakukan pengukuran UX pada enam dimensi utama, yaitu daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan, baik sebelum maupun sesudah perbaikan tampilan website. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan UX, serta mengevaluasi dampak redesign terhadap peningkatan kualitas pengalaman pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan perbaikan tampilan, seluruh dimensi UX mengalami peningkatan signifikan, dengan sebagian besar aspek naik ke kategori "Good" hingga "Excellent". Aspek kebaruan dan stimulasi mengalami lonjakan tertinggi, menandakan website menjadi lebih inovatif dan menyenangkan. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa rekomendasi perbaikan desain UI/UX yang dapat dimanfaatkan oleh pengembang Skak Gaming untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi peneliti atau praktisi lain yang ingin melakukan evaluasi UX pada platform digital serupa. Penelitian lanjutan disarankan untuk melibatkan lebih banyak responden dan menguji fitur interaktif baru guna memperkaya analisis.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | User Experience, UEQ, Top-Up Game, Skak Gaming, Evaluasi UX | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:51 | ||
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:51 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

