PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SDN GUNUNG SIMPING 02

Reyvandra, Rafael Herifka (2025) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SDN GUNUNG SIMPING 02. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4347.zip
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran interaktif berbasis Android untuk membantu siswa kelas V SDN Gunung Simping 02 memahami materi bangun ruang yang sering dianggap abstrak dan sulit dipahami. Permasalahan awal yang ditemukan adalah rendahnya minat dan motivasi belajar akibat penggunaan metode konvensional seperti ceramah dan gambar statis di papan tulis, yang kurang efektif memvisualisasikan bentuk tiga dimensi. Peneliti menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi dirancang dengan fitur materi interaktif berbentuk animasi, kuis evaluasi, dan antarmuka yang ramah pengguna, memanfaatkan software seperti Adobe Animate, Figma, dan Canva. Uji coba dilakukan melalui validasi ahli, alpha testing, dan beta testing pada siswa, dilengkapi pretest–posttest untuk mengukur efektivitas. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, respon positif terhadap tampilan dan interaktivitas aplikasi, serta kelayakan tinggi menurut penilaian ahli. Media ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa untuk belajar secara lebih menarik dan mandiri, tetapi juga menjadi alat bantu ajar praktis bagi guru, sekaligus mendukung program digitalisasi sekolah. Dengan demikian, aplikasi ini dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Android, Bangun Ruang, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:51
Last Modified: 02 Dec 2025 02:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31420

Actions (login required)

View Item View Item