Zitha, Pramudya Anggara (2025) IMPLEMENTASI SISTEM REALTIME CHAT DAN REALTIME TIKET PADA MARKETPLACE GRATIS ONGKIR UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI LAYANAN PENGGUNA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (182kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (129kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4266.zip Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (936kB) |
Abstract
Marketplace GratisOngkir sebagai mitra resmi kanal Bela Pengadaan LKPP menghadapi kendala komunikasi karena masih bergantung pada aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp yang tidak terdokumentasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan fitur realtime chat dan realtime ticketing terintegrasi menggunakan framework Laravel dan teknologi Pusher. Hasil implementasi menunjukkan bahwa fitur realtime chat lebih efisien dibanding aplikasi pihak ketiga, dengan jumlah langkah penggunaan berkurang (5 vs 8), waktu pengiriman pesan juga lebih cepat (20–30 detik vs 50–60 detik), serta percakapan terdokumentasi dalam basis data. Evaluasi kinerja menunjukkan chat merespon cepat (median waktu antar pesan ±45 detik, respon awal <1 jam) meski rata-rata respon dipengaruhi percakapan dengan jeda panjang. Fitur realtime ticketing memproses 9 tiket dengan rata-rata penyelesaian 23 menit, respon awal 1–3 menit, serta tingkat kepuasan tinggi (rating 4,8/5). Hasil kuesioner menegaskan penerimaan positif: pengguna menilai chat mempermudah komunikasi (3,83–3,91) namun efisiensinya dibanding aplikasi pihak ketiga masih perlu ditingkatkan (3,57), sementara admin menilai ticketing sangat bermanfaat, transparan, dan mendukung kolaborasi (4,75–5) dengan aspek kecepatan (4,25) sebagai ruang perbaikan. Dengan demikian, implementasi sistem ini terbukti meningkatkan efisiensi komunikasi, mempercepat penanganan keluhan, serta mendukung transparansi dan kualitas layanan.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Marketplace Gratisongkir, Realtime chat, Realtime ticketing, Laravel, Pusher | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 04:57 | ||
| Last Modified: | 01 Dec 2025 04:57 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

