{JALUR LOMBA} PENERAPAN METODE FONIK DAN MULTISENSORY SEBAGAI TERAPI ANAK DISLEKSIA PADA DESAIN MEKANISME GAME ABRACADABRA

Thoriq, Agies Sulthan (2025) {JALUR LOMBA} PENERAPAN METODE FONIK DAN MULTISENSORY SEBAGAI TERAPI ANAK DISLEKSIA PADA DESAIN MEKANISME GAME ABRACADABRA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1143.zip
Restricted to Repository staff only

Download (194MB)

Abstract

Permainan fantasi adalah salah satu jenis genre permainan yang sangat populer di semua kalangan, terutama di era saat ini yang sedang marak akan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain mekanisme dalam game edukasi berbasis Side Scroll 2D berjudul "Abracadabra," yang dirancang khusus bagi anak penyandang disleksia. Pengembangan desain mekanisme ini menghadirkan tantangan teknis berupa kebutuhan untuk mengoptimalkan/menyesuaikan metode-metode terapi guna menciptakan pengalaman bermain yang intuitif, nyaman, dan tetap menarik secara estetika tanpa mengorbankan esesensi dari sebuah game. Dalam penelitian ini, metode yang diterapkan adalah Multisensory yang diterapkan di beberapa mekanisme, pattern recognition untuk desain enemy, fonik untuk barang bernada, dan repetitive learning pada semua mekanisme permainan. Fokus utama penelitian ini adalah menghasilkan desain mekanisme yang sesuai terhadap kebutuhan khusus penyandang disleksia, sehingga game "Abracadabra" mampu menyajikan pengalaman belajar yang inklusif, menghibur, dan edukatif. Dengan pendekatan yang memperhatikan aspek teknis dan optimasi, penelitian ini berkontribusi dalam menciptakan game edukasi yang tidak hanya estetis tetapi juga fungsional dan responsif terhadap tantangan kognitif yang dihadapi oleh penggunanya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Disleksia, Desain Gim, Fantasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Nov 2025 01:43
Last Modified: 28 Nov 2025 01:43
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31379

Actions (login required)

View Item View Item