IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE UNTUK PERILAKU MUSUH PADA GAME BERBASIS UNITY

Ihtifazzudin, Arsal (2025) IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE UNTUK PERILAKU MUSUH PADA GAME BERBASIS UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1115.zip
Restricted to Repository staff only

Download (84MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

Dalam dunia permainan aksi, keberadaan musuh yang cerdas dan adaptif menjadi salah satu elemen kunci yang dapat meningkatkan pengalaman bermain. Namun, banyak permainan yang masih menggunakan perilaku musuh yang statis dan tidak responsif terhadap tindakan pemain, sehingga mengurangi tingkat tantangan dan kepuasan pemain. Masalah ini dapat mengakibatkan pengalaman bermain yang monoton dan kurang menarik, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi retensi pemain. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan sistem perilaku musuh yang mampu memberikan respon dinamis dan realistis terhadap tindakan pemain, sehingga menciptakan pengalaman bermain yang lebih mendalam dan menantang. Penelitian ini mengadopsi teknik Finite State Machine (FSM) sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah merancang model FSM yang mencakup berbagai keadaan perilaku musuh, seperti berpatroli, mengejar, dan menyerang. Setelah model dirancang, tahap implementasi dilakukan menggunakan software Unity dan bahasa pemrograman C#. Dalam tahap ini, transisi antara berbagai keadaan perilaku musuh diatur sedemikian rupa agar dapat merespons tindakan pemain secara real-time. Dengan pendekatan ini, diharapkan musuh dalam permainan dapat beradaptasi dengan strategi pemain, sehingga menciptakan interaksi yang lebih dinamis dan menarik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik FSM berhasil menciptakan perilaku musuh yang lebih realistis dan adaptif. Musuh yang dikembangkan mampu memberikan tantangan yang lebih besar kepada pemain, meningkatkan pengalaman bermain secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Finite State Machine, Kecerdasan Buatan, Permainan Aksi, Unity,C#
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Nov 2025 01:33
Last Modified: 28 Nov 2025 01:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31378

Actions (login required)

View Item View Item