Rahmadhani, Aprizky Siddiq (2025) PERANCANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN NUMERASI MENGGUNAKAN UNITY (Studi Kasus: TK Kikoku Islamic School). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (212kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0861.zip Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Augmented Reality (AR), AR memungkinkan integrasi dunia nyata dengan elemen-elemen digital secara interaktif, sehingga mampu meningkatkan pengalaman belajar siswa khususnya dalam pembelajaran numerasi. Numerasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai anak usia dini, terutama di tingkat Taman Kanak-kanak (TK). Kemampuan numerasi, yang meliputi kemampuan mengenal angka, berhitung, dan memahami konsep dasar matematika, sangat penting dalam membangun fondasi pendidikan anak di jenjang selanjutnya Augmented Reality dalam penelitian ini diciptakan sebagai media pembelajaran numerasi khusus untuk anak TK Kikoku Islamic School Yogyakarta sehingga dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan Unity Engine sebagai platform utama dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi ini dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi sebagai kerangka kerja dalam proses perancangan dan pembuatan aplikasi ini. Tujuan penelitian ini adalah dapat membuat media Augmented Reality pembelajaran numerasi menggunakan Unity untuk TK Kikoku Islamic School Yogyakarta, serta mengukur efektivitas media AR dalam membantu siswa memahami materi numerasi. Pengujian penelitian ini menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan didapati hasil pengujian yang menunjukan bahwa media AR berhasil menampilkan objek 3D dan mendukung proses belajar mengajar dengan baik. Media pembelajaran AR yang dirancang dapat meningkatkan pemahaman numerasi siswa di TK Kikoku Islamic School, memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Aplikasi, Numerasi, Anak, MDLC | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 06:38 | ||
| Last Modified: | 27 Nov 2025 06:38 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

