PERANCANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN NUMERASI MENGGUNAKAN UNITY (Studi Kasus: TK Kikoku Islamic School)

Rahmadhani, Aprizky Siddiq (2025) PERANCANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN NUMERASI MENGGUNAKAN UNITY (Studi Kasus: TK Kikoku Islamic School). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0861.zip
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Augmented Reality (AR), AR memungkinkan integrasi dunia nyata dengan elemen-elemen digital secara interaktif, sehingga mampu meningkatkan pengalaman belajar siswa khususnya dalam pembelajaran numerasi. Numerasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai anak usia dini, terutama di tingkat Taman Kanak-kanak (TK). Kemampuan numerasi, yang meliputi kemampuan mengenal angka, berhitung, dan memahami konsep dasar matematika, sangat penting dalam membangun fondasi pendidikan anak di jenjang selanjutnya Augmented Reality dalam penelitian ini diciptakan sebagai media pembelajaran numerasi khusus untuk anak TK Kikoku Islamic School Yogyakarta sehingga dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan Unity Engine sebagai platform utama dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi ini dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi sebagai kerangka kerja dalam proses perancangan dan pembuatan aplikasi ini. Tujuan penelitian ini adalah dapat membuat media Augmented Reality pembelajaran numerasi menggunakan Unity untuk TK Kikoku Islamic School Yogyakarta, serta mengukur efektivitas media AR dalam membantu siswa memahami materi numerasi. Pengujian penelitian ini menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan didapati hasil pengujian yang menunjukan bahwa media AR berhasil menampilkan objek 3D dan mendukung proses belajar mengajar dengan baik. Media pembelajaran AR yang dirancang dapat meningkatkan pemahaman numerasi siswa di TK Kikoku Islamic School, memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rizky, Rizky
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Aplikasi, Numerasi, Anak, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Nov 2025 06:38
Last Modified: 27 Nov 2025 06:38
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31373

Actions (login required)

View Item View Item