Tama, Nanda Atma (2025) KOMUNIKASI PEMASARAN DE ROCKA BEACH BAR JOGJA MELALUI INSTAGRAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (737kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (405kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (123kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh De Rocka Beach Bar Jogja melalui platform media sosial Instagram dalam membentuk citra, meningkatkan engagement, serta menciptakan loyalitas audiens digital. Studi ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan media sosial dalam promosi destinasi wisata, khususnya dalam konteks gaya hidup dan pariwisata digital di luar wilayah mainstream seperti Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme untuk memahami pengalaman dan interpretasi para pelaku komunikasi serta audiens terhadap praktik pemasaran digital yang dilakukan. Teori yang digunakan adalah model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) yang dikombinasikan dengan pendekatan Social Media Marketing untuk menganalisis efektivitas konten visual dan naratif di Instagram. Temuan penelitian menunjukkan bahwa De Rocka Beach Bar berhasil menarik perhatian audiens melalui estetika visual yang konsisten dan sinematik, membangun minat melalui narasi dan testimoni pengunjung, membangkitkan keinginan dengan konten berbasis pengalaman yang eksklusif, serta mendorong tindakan melalui kemudahan akses reservasi dan interaksi langsung. Hasil ini memperlihatkan bahwa strategi komunikasi yang terintegrasi dan berbasis platform mampu memperkuat citra destinasi wisata gaya hidup, sekaligus menciptakan hubungan emosional antara brand dan konsumen dalam ekosistem digital yang kompetitif.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Instagram, Komunikasi Pemasaran, Strategi Digital, Pariwisata Gaya Hidup, AIDA | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 07:31 | ||
| Last Modified: | 21 Nov 2025 07:31 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

