Tristiyanti, Aulia Syanindhita (2025) KOMUNIKASI PERSUASIF TOUR LEADER PADA LAYANAN WISATA DI CV WISATARI TOUR & TRAVEL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (288kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
Abstract
Industri pariwisata merupakan sektor vital yang sangat terdampak oleh pandemi COVID-19, menuntut para pelaku usaha seperti CV Wisatari Tour & Travel untuk meningkatkan kualitas layanan demi mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran dan strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh Tour leader di CV Wisatari Tour & Travel dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan yang terdiri dari Tour leader, tiga orang karyawan, dan tiga orang konsumen, serta didukung oleh observasi dan dokumentasi. Teori Komunikasi Persuasif digunakan sebagai kerangka utama untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Tour leader di CV Wisatari Tour & Travel sangat strategis, tidak hanya mengurus logistik, tetapi juga menjadi komunikator persuasif yang membentuk pengalaman wisatawan. Melalui sikap profesional, empati, dan gaya komunikasi yang sesuai, Tour leader mampu menciptakan suasana perjalanan yang nyaman dan berkesan. Kepuasan wisatawan tercermin dari respon positif, repeat order, permintaan khusus untuk Tour leader tertentu, hingga loyalitas pelanggan. Hal ini menegaskan bahwa keberhasilan layanan wisata sangat dipengaruhi oleh kualitas peran Tour leader dalam aspek teknis maupun komunikasi persuasif.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Peran Tour Leader, Komunikasi Persuasif, Kepuasan Pelanggan | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 07:56 | ||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 07:56 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31218 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

