KOMUNIKASI PERSUASIF TOUR LEADER PADA LAYANAN WISATA DI CV WISATARI TOUR & TRAVEL

Tristiyanti, Aulia Syanindhita (2025) KOMUNIKASI PERSUASIF TOUR LEADER PADA LAYANAN WISATA DI CV WISATARI TOUR & TRAVEL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

Industri pariwisata merupakan sektor vital yang sangat terdampak oleh pandemi COVID-19, menuntut para pelaku usaha seperti CV Wisatari Tour & Travel untuk meningkatkan kualitas layanan demi mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran dan strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh Tour leader di CV Wisatari Tour & Travel dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan informan yang terdiri dari Tour leader, tiga orang karyawan, dan tiga orang konsumen, serta didukung oleh observasi dan dokumentasi. Teori Komunikasi Persuasif digunakan sebagai kerangka utama untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Tour leader di CV Wisatari Tour & Travel sangat strategis, tidak hanya mengurus logistik, tetapi juga menjadi komunikator persuasif yang membentuk pengalaman wisatawan. Melalui sikap profesional, empati, dan gaya komunikasi yang sesuai, Tour leader mampu menciptakan suasana perjalanan yang nyaman dan berkesan. Kepuasan wisatawan tercermin dari respon positif, repeat order, permintaan khusus untuk Tour leader tertentu, hingga loyalitas pelanggan. Hal ini menegaskan bahwa keberhasilan layanan wisata sangat dipengaruhi oleh kualitas peran Tour leader dalam aspek teknis maupun komunikasi persuasif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Peran Tour Leader, Komunikasi Persuasif, Kepuasan Pelanggan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 07:56
Last Modified: 18 Nov 2025 07:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31218

Actions (login required)

View Item View Item