REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN MELAJU SYANTIEK DENGAN GRAB #GRABFORGOOD

Alifya, Nabila Rona (2025) REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN MELAJU SYANTIEK DENGAN GRAB #GRABFORGOOD. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (692kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (795kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai representasi kesetaraan gender dalam iklan Melaju Syantiek dengan Grab #GrabForGood, yang menjadi salah satu bentuk edukasi bagi masyarakat dalam upaya menuntaskan isu ketimpangan gender. Fokus penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan pada representasi kesetaraan gender melalui iklan Melaju Syantiek dengan Grab #GrabForGood, dengan paradigma konstruktivisme serta metode pendekatan menggunakan kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori representasi dari Stuart Hall, kesetaraan gender, serta teori semiotika dari Roland Barthes untuk mengkaji makna-makna yang tersembunyi dalam pemaknaan denotatif, konotatif, dan mitos. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa representasi kesetaraan gender dalam iklan Melaju Syantiek dengan Grab #GrabForGood ini muncul dalam empat indikator, yaitu akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat. Kesetaraan gender dalam memperoleh akses meliputi akses untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, akses untuk mendapatkan pekerjaan yang setara dengan laki-laki, dan akses dalam mendapatkan pendidikan yang tinggi. Sedangkan kesetaraan gender dalam partisipasi meliputi partisipasi dalam ikut terlibat dalam aspek ekonomi seperti berperan untuk mencari nafkah, dan berpartisipasi dalam aspek pekerjaan. Sementara kesetaraan gender dalam kontrol meliputi kontrol atas kebebasan untuk berekspresi dan juga kontrol atas kebebasan memilih pekerjaan yang diinginkan. Terakhir dalam kesetaraan gender untuk mendapatkan manfaat, meliputi manfaat untuk dapat berpergian hingga malam hari tanpa harus merasa takut. Melalui representasi kesetaraan gender yang ditampilkan dalam iklan ini, ditarik kesimpulan bahwa iklan ini memiliki makna secara konstruksionis yang menjadi bentuk pendobrakan terhadap stereotip-stereotip yang sering mendiskriminasi perempuan, dan juga makna reflektif sebagai cerminan dari wujud perempuan di budaya modern yang tidak lagi terikat pada ketentuan-ketentuan sosial.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Iklan, Grab, Semiotika
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:10
Last Modified: 18 Nov 2025 03:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31157

Actions (login required)

View Item View Item