Sari, Devi Alfina (2025) {SKEMA ARTIS} PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBUATAN KONTEN INSTAGRAM TOKO KAOS POLOS JAGRA.ID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (189kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.96.1819.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
Abstract
Karya ini merupakan bentuk implementasi dari pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam proses perancangan konten visual untuk media sosial Instagram, dengan objek brand lokal kaos polos Jagra.id. Proyek karya ini bertujuan untuk menciptakan rangkaian konten visual yang komunikatif, estetis, dan sesuai dengan identitas brand, melalui pendekatan desain minimalis serta penggunaan elemen visual yang konsisten. Dalam proses penciptaannya, penulis menggunakan bantuan AI, seperti Google AI Studio, untuk menghasilkan foto produk digital berupa kaos polos dan variasi gaya busana (mix and match) yang mendukung strategi visual branding. Selanjutnya, elemen-elemen visual tersebut dirancang secara utuh menggunakan platform desain Canva untuk menciptakan feed Instagram yang terstruktur, menarik, dan sesuai dengan segmentasi audiens brand Jagra.id. Karya ini menunjukkan bahwa AI dapat digunakan sebagai alat bantu kreatif yang mendukung efisiensi dan eksplorasi ide visual, tanpa mengurangi nilai artistik dan fungsi komunikasi dari desain itu sendiri. Dengan menggabungkan teknologi AI dan prinsip komunikasi visual, konten yang dihasilkan mampu menyampaikan pesan brand secara lebih kuat dan relevan di tengah persaingan digital saat ini. Karya ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan konten visual berbasis AI untuk keperluan promosi brand fashion lokal.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Artificial Intelligence, Konten Instagram, Desain Visual, Kaos Polos, Karya Desain | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 01:13 | ||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 01:13 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

