Novanto, Aditya Prasetyo (2024) PEMANFAATAN PLATFORM YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BARU DI RBTV JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (810kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (397kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (102kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
Abstract
Televisi secara konsisten telah menjadi media penting di Indonesia, meskipun teknologi media baru mengalami kemajuan pesat. Televisi dan media massa tradisional lainnya, seperti surat kabar dan radio, harus menghadapi media baru dengan munculnya komputer, internet, dan telepon gengam. Tidak terkecuali dengan stasiun televisi lokal RBTV Jogja yang harus menghadapi tantangan di era digitalisasi dengan melakukan konvergensi media dari media lama (konvensional) ke media baru (platform digital). RBTV Jogja sebagai televisi lokal, mencontohkan evolusi penyiaran di era digital dengan memanfaatkan platform YouTube untuk meningkatkan jangkauan dan relevansinya. Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan YouTube sebagai platform media baru oleh RBTV Jogja dan meneliti implikasi konvergensi media pada operasinya. Melalui metode kualitatif, termasuk wawancara dengan manajer produksi, teknisi media dan kreator konten digital, penelitian ini menyoroti tantangan yang dihadapi RBTV Jogja dalam bertransisi ke media digital sambil mempertahankan komitmennya untuk menampilkan budaya dan informasi lokal. Saat RBTV Jogja memulai transformasi digitalnya, temuan tersebut menggaris bawahi pentingnya mengembangkan strategi konten yang kuat dan alokasi sumber daya untuk mengoptimalkan kehadirannya di platform digital. Penelitian ini diakhiri dengan rekomendasi untuk meningkatkan inovasi konten dan kolaborasi strategis untuk meningkatkan keterlibatan pemirsa dalam lanskap digital yang semakin meningkat.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Televisi Lokal, Digitalisasi, Konvergensi, YouTube | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 04:18 | ||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 04:21 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

