PEMANFAATAN PLATFORM YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BARU DI RBTV JOGJA

Novanto, Aditya Prasetyo (2024) PEMANFAATAN PLATFORM YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BARU DI RBTV JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (810kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Televisi secara konsisten telah menjadi media penting di Indonesia, meskipun teknologi media baru mengalami kemajuan pesat. Televisi dan media massa tradisional lainnya, seperti surat kabar dan radio, harus menghadapi media baru dengan munculnya komputer, internet, dan telepon gengam. Tidak terkecuali dengan stasiun televisi lokal RBTV Jogja yang harus menghadapi tantangan di era digitalisasi dengan melakukan konvergensi media dari media lama (konvensional) ke media baru (platform digital). RBTV Jogja sebagai televisi lokal, mencontohkan evolusi penyiaran di era digital dengan memanfaatkan platform YouTube untuk meningkatkan jangkauan dan relevansinya. Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan YouTube sebagai platform media baru oleh RBTV Jogja dan meneliti implikasi konvergensi media pada operasinya. Melalui metode kualitatif, termasuk wawancara dengan manajer produksi, teknisi media dan kreator konten digital, penelitian ini menyoroti tantangan yang dihadapi RBTV Jogja dalam bertransisi ke media digital sambil mempertahankan komitmennya untuk menampilkan budaya dan informasi lokal. Saat RBTV Jogja memulai transformasi digitalnya, temuan tersebut menggaris bawahi pentingnya mengembangkan strategi konten yang kuat dan alokasi sumber daya untuk mengoptimalkan kehadirannya di platform digital. Penelitian ini diakhiri dengan rekomendasi untuk meningkatkan inovasi konten dan kolaborasi strategis untuk meningkatkan keterlibatan pemirsa dalam lanskap digital yang semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pamungkas, Andreas Tri
Uncontrolled Keywords: Televisi Lokal, Digitalisasi, Konvergensi, YouTube
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:18
Last Modified: 17 Nov 2025 04:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31076

Actions (login required)

View Item View Item