TY - THES AV - restricted KW - Media Pembelajaran KW - Android KW - Bangun Ruang KW - MDLC UR - https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31420/ A1 - Reyvandra, Rafael Herifka N2 - Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran interaktif berbasis Android untuk membantu siswa kelas V SDN Gunung Simping 02 memahami materi bangun ruang yang sering dianggap abstrak dan sulit dipahami. Permasalahan awal yang ditemukan adalah rendahnya minat dan motivasi belajar akibat penggunaan metode konvensional seperti ceramah dan gambar statis di papan tulis, yang kurang efektif memvisualisasikan bentuk tiga dimensi. Peneliti menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi dirancang dengan fitur materi interaktif berbentuk animasi, kuis evaluasi, dan antarmuka yang ramah pengguna, memanfaatkan software seperti Adobe Animate, Figma, dan Canva. Uji coba dilakukan melalui validasi ahli, alpha testing, dan beta testing pada siswa, dilengkapi pretest?posttest untuk mengukur efektivitas. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, respon positif terhadap tampilan dan interaktivitas aplikasi, serta kelayakan tinggi menurut penilaian ahli. Media ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa untuk belajar secara lebih menarik dan mandiri, tetapi juga menjadi alat bantu ajar praktis bagi guru, sekaligus mendukung program digitalisasi sekolah. Dengan demikian, aplikasi ini dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang. M1 - bachelor TI - PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK SISWA KELAS V SDN GUNUNG SIMPING 02 ID - universitasamikomyogyakarta31420 PB - Universitas AMIKOM Yogyakarta Y1 - 2025/08/22/ ER -