eprintid: 31409 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 12 dir: disk0/00/03/14/09 datestamp: 2025-12-01 07:31:28 lastmod: 2025-12-01 07:31:28 status_changed: 2025-12-01 07:31:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Verdian, Fahrul Fuguh creators_nim: 21.11.4331 contributors_name: Sasongko, Theopilus Bayu corp_creators: Universitas AMIKOM Yogyakarta title: ANALISIS SENTIMEN ULASAN HOTEL DI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA DISTILBERT (DISTILLATION VERSION OF BERT) ispublished: pub subjects: 000.000.004 subjects: 000.000.005 divisions: if full_text_status: restricted keywords: DistilBERT, Ulasan Hotel, Sentimen Analisis, Bahasa Indonesia, Hotel abstract: Perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah cara manusia dalam menerima dan menyampaikan informasi. Jika sebelumnya informasi disebarkan secara lisan, kini penyebaran dapat dilakukan hanya melalui sentuhan jari. Salah satu contohnya adalah ulasan pelanggan terhadap layanan hotel, yang kini banyak disampaikan melalui platform digital. Ulasan ini dapat berdampak positif maupun negatif bagi reputasi hotel, tergantung pada pengalaman yang dituliskan oleh pelanggan. Namun, banyaknya ulasan yang tersedia sering kali menyulitkan calon pelanggan dalam memperoleh informasi yang relevan. Oleh karena itu, analisis sentimen menjadi pendekatan penting untuk mengelompokkan ulasan ke dalam kategori positif, negatif, atau netral. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis sentimen terhadap ulasan hotel di Indonesia dengan menggunakan algoritma DistilBERT (Distilled Version of BERT), guna menyediakan informasi yang valid bagi pelanggan serta memberikan insight bagi pihak pengelola hotel. Pemilihan DistilBERT didasarkan pada kemampuannya yang efisien, dengan ukuran model lebih kecil dari BERT, sehingga lebih cepat dan ringan secara komputasi. Penelitian ini juga melakukan tuning parameter untuk meningkatkan performa model, dengan konfigurasi terbaik pada batch_size 16, epoch 5, dan learning_rate 0.0001 menggunakan optimizer AdamW. Hasil evaluasi menunjukkan model menghasilkan akurasi, precision, recall, dan F1-score masing-masing sebesar 96% pada hotel Gallery Prawirotaman. Hal ini menunjukkan bahwa DistilBERT mampu menganalisis sentimen ulasan hotel secara efektif dan akurat. date: 2025-08-11 date_type: published institution: Universitas AMIKOM Yogyakarta department: Fakultas Ilmu Komputer thesis_type: bachelor thesis_name: skripsi citation: Verdian, Fahrul Fuguh (2025) ANALISIS SENTIMEN ULASAN HOTEL DI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA DISTILBERT (DISTILLATION VERSION OF BERT). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta. document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31409/1/COVER.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31409/2/BAB%20I.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31409/3/BAB%20II.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31409/4/BAB%20III.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31409/5/BAB%20IV.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31409/6/BAB%20V.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31409/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31409/8/Sourcecode%20-%2021.11.4331.zip document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31409/9/Publikasi.pdf