eprintid: 31401 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 12 dir: disk0/00/03/14/01 datestamp: 2025-12-01 04:57:15 lastmod: 2025-12-01 04:57:15 status_changed: 2025-12-01 04:57:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zitha, Pramudya Anggara creators_nim: 21.11.4266 contributors_name: Huda, Arif Akbarul corp_creators: Universitas AMIKOM Yogyakarta title: IMPLEMENTASI SISTEM REALTIME CHAT DAN REALTIME TIKET PADA MARKETPLACE GRATIS ONGKIR UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI LAYANAN PENGGUNA ispublished: pub subjects: 000.000.004 subjects: 000.000.005 divisions: if full_text_status: restricted keywords: Marketplace Gratisongkir, Realtime chat, Realtime ticketing, Laravel, Pusher abstract: Marketplace GratisOngkir sebagai mitra resmi kanal Bela Pengadaan LKPP menghadapi kendala komunikasi karena masih bergantung pada aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp yang tidak terdokumentasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan fitur realtime chat dan realtime ticketing terintegrasi menggunakan framework Laravel dan teknologi Pusher. Hasil implementasi menunjukkan bahwa fitur realtime chat lebih efisien dibanding aplikasi pihak ketiga, dengan jumlah langkah penggunaan berkurang (5 vs 8), waktu pengiriman pesan juga lebih cepat (20–30 detik vs 50–60 detik), serta percakapan terdokumentasi dalam basis data. Evaluasi kinerja menunjukkan chat merespon cepat (median waktu antar pesan ±45 detik, respon awal <1 jam) meski rata-rata respon dipengaruhi percakapan dengan jeda panjang. Fitur realtime ticketing memproses 9 tiket dengan rata-rata penyelesaian 23 menit, respon awal 1–3 menit, serta tingkat kepuasan tinggi (rating 4,8/5). Hasil kuesioner menegaskan penerimaan positif: pengguna menilai chat mempermudah komunikasi (3,83–3,91) namun efisiensinya dibanding aplikasi pihak ketiga masih perlu ditingkatkan (3,57), sementara admin menilai ticketing sangat bermanfaat, transparan, dan mendukung kolaborasi (4,75–5) dengan aspek kecepatan (4,25) sebagai ruang perbaikan. Dengan demikian, implementasi sistem ini terbukti meningkatkan efisiensi komunikasi, mempercepat penanganan keluhan, serta mendukung transparansi dan kualitas layanan. date: 2025-08-22 date_type: published institution: Universitas AMIKOM Yogyakarta department: Fakultas Ilmu Komputer thesis_type: bachelor thesis_name: skripsi citation: Zitha, Pramudya Anggara (2025) IMPLEMENTASI SISTEM REALTIME CHAT DAN REALTIME TIKET PADA MARKETPLACE GRATIS ONGKIR UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI LAYANAN PENGGUNA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta. document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401/1/COVER.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401/2/BAB%20I.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401/3/BAB%20II.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401/4/BAB%20III.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401/5/BAB%20IV.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401/6/BAB%20V.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401/7/Daftar%20Pustaka%20dan%20Lampiran.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401/8/Sourcecode%20-%2021.11.4266.zip document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401/9/Publikasi.pdf