TY - THES AV - restricted KW - Marketplace Gratisongkir KW - Realtime chat KW - Realtime ticketing KW - Laravel KW - Pusher UR - https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31401/ A1 - Zitha, Pramudya Anggara N2 - Marketplace GratisOngkir sebagai mitra resmi kanal Bela Pengadaan LKPP menghadapi kendala komunikasi karena masih bergantung pada aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp yang tidak terdokumentasi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan fitur realtime chat dan realtime ticketing terintegrasi menggunakan framework Laravel dan teknologi Pusher. Hasil implementasi menunjukkan bahwa fitur realtime chat lebih efisien dibanding aplikasi pihak ketiga, dengan jumlah langkah penggunaan berkurang (5 vs 8), waktu pengiriman pesan juga lebih cepat (20?30 detik vs 50?60 detik), serta percakapan terdokumentasi dalam basis data. Evaluasi kinerja menunjukkan chat merespon cepat (median waktu antar pesan ±45 detik, respon awal <1 jam) meski rata-rata respon dipengaruhi percakapan dengan jeda panjang. Fitur realtime ticketing memproses 9 tiket dengan rata-rata penyelesaian 23 menit, respon awal 1?3 menit, serta tingkat kepuasan tinggi (rating 4,8/5). Hasil kuesioner menegaskan penerimaan positif: pengguna menilai chat mempermudah komunikasi (3,83?3,91) namun efisiensinya dibanding aplikasi pihak ketiga masih perlu ditingkatkan (3,57), sementara admin menilai ticketing sangat bermanfaat, transparan, dan mendukung kolaborasi (4,75?5) dengan aspek kecepatan (4,25) sebagai ruang perbaikan. Dengan demikian, implementasi sistem ini terbukti meningkatkan efisiensi komunikasi, mempercepat penanganan keluhan, serta mendukung transparansi dan kualitas layanan. M1 - bachelor ID - universitasamikomyogyakarta31401 TI - IMPLEMENTASI SISTEM REALTIME CHAT DAN REALTIME TIKET PADA MARKETPLACE GRATIS ONGKIR UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI LAYANAN PENGGUNA PB - Universitas AMIKOM Yogyakarta Y1 - 2025/08/22/ ER -