%A Rizky Raka Asydik %L universitasamikomyogyakarta31332 %T {SKEMA FILMMAKER FILM DOKUMENTER} EKSPLORASI KOMPOSISI VISUAL SEBAGAI UNSUR NARATIF KAMERAMEN DALAM FILM DOKUMENTER “WUNUT: TITIK BALIK DI TENGAH KETERBATASAN” %D 2025 %X Pembangunan desa merupakan strategi penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Desa Wunut menjadi contoh sukses transformasi dari desa tertinggal menjadi desa mandiri melalui optimalisasi potensi lokal. Salah satu aset utamanya, Umbul Pelem Water Park, berhasil dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa. Proses perubahan ini direkam dalam film dokumenter WUNUT: Titik Balik di Tengah Keterbatasan yang menggambarkan perjalanan pembangunan secara nyata. Penulis berperan sebagai kameramen dengan tanggung jawab utama pada penerapan elemen komposisi visual, seperti framing, pencahayaan, pewarnaan, serta teknik pengambilan gambar melalui variasi angle camera, tipe shot, dan pergerakan kamera. Penerapan teknik tersebut memberi pengaruh signifikan terhadap kekuatan narasi, framing mengarahkan fokus audiens pada subjek utama, pencahayaan alami membangun kesan realistis, dan warna memperkuat suasana emosional cerita. Kombinasi angle camera, tipe shot, dan pergerakan kamera menambah dinamika visual yang mendukung narasi. Keseluruhan elemen visual tersebut membentuk alur cerita yang kuat dan menyentuh secara emosional. Film ini hadir sebagai dokumentasi sekaligus inspirasi bagi desa lain untuk mengelola potensi lokal secara kreatif dan berkelanjutan. %K Dokumenter, Komposisi Visual, Kameramen, Desa Wunut %I Universitas AMIKOM Yogyakarta