%0 Thesis %9 S1 - Sarjana %A Wahyudi, Sukma %A Universitas AMIKOM Yogyakarta, %B Fakultas Ekonomi & Sosial %D 2025 %F universitasamikomyogyakarta:31326 %I Universitas AMIKOM Yogyakarta %K Tiktok, Media Sosial, Komunikasi Pemasaran, ECC, Promosi Digital, Engagement %T PEMANFAATAN TIKTOK @ECC.CO.ID DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MEMBER BARU PADA PT ENGINEERING CAREER CENTER %U https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31326/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan media sosial TikTok melalui akun @ecc.co.id dalam meningkatkan jumlah member baru pada PT Engineering Career Center (ECC), sebuah lembaga pengembangan karir profesional. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap tim pengelola konten ECC dan para followers yang telah menjadi member. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ECC memanfaatkan berbagai jenis konten seperti edukasi, promosi, hiburan, dan info lowongan pekerjaan dengan komunikasi yang interaktif untuk menarik perhatian pengguna TikTok. Strategi promosi diperkuat dengan penggunaan TikTok Ads dan konten berbasis tren. Konten edukasi seperti tips wawancara kerja terbukti relevan dalam mendorong audiens menjadi member baru. Penelitian ini menegaskan bahwa TikTok memiliki potensi besar sebagai media promosi berbasis komunitas dan edukasi untuk meningkatkan konversi pengguna menjadi member, terutama di kalangan fresh graduate.