TY - THES Y1 - 2025/07/01/ A1 - Zaidir, Daniel Patria M1 - bachelor AV - restricted PB - Universitas AMIKOM Yogyakarta KW - Kearifan Lokal KW - Kepulauan Kangean KW - Komunikasi Pemasaran KW - Pariwisata Berkelanjutan KW - Tradisi Lombe TI - IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA KEARIFAN LOKAL LOMBE DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI KEPULAUAN KANGEAN N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya promosi tradisi Lombe di Kepulauan Kangean sebagai daya tarik wisata budaya yang berpotensi dikembangkan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran pariwisata berbasis kearifan lokal dan mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam pengembangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap tokoh masyarakat, pemerintah daerah, dan pelaku lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen komunikasi pemasaran seperti iklan digital (media sosial), hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan electronic word of mouth (e-WOM) telah dimanfaatkan oleh masyarakat lokal untuk mempromosikan tradisi Lombe. Namun, promosi masih dilakukan secara tidak teratur dan belum terstruktur. Sementara itu, promosi penjualan dan dukungan pemerintah masih minim. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan pelaku industri pariwisata dalam merancang strategi komunikasi yang terpadu, serta menyediakan pelatihan digital untuk masyarakat lokal guna meningkatkan kualitas promosi. Penguatan promosi berbasis kearifan lokal diharapkan dapat meningkatkan daya saing pariwisata Kepulauan Kangean, melestarikan budaya, dan memberikan manfaat ekonomi secara berkelanjutan bagi masyarakat setempat. ID - universitasamikomyogyakarta31314 UR - https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31314/ ER -