TY - THES A1 - Usada, Aditya Lazar Y1 - 2025/07/25/ AV - restricted M1 - bachelor KW - Strategi Kehumasan KW - Google Trends KW - Marketing Public Relations KW - Three Ways Strategy KW - Penelitian Kualitatif TI - STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA DALAM MENARIK MINAT PENCARIAN DI GOOGLE TRENDS PB - Universitas AMIKOM Yogyakarta UR - https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31205/ ID - universitasamikomyogyakarta31205 N2 - Dapat diketahui bahwa penerimaan mahasiswa baru mengalami penurunan, Universitas Amikom Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ternyata menduduki grafik yang cukup tinggi jika ditinjau pada Google Trends. Hal ini tentu berdampak pada ketertarikan masyarakat pada Universitas Amikom Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kehumasan yang dilakukan Amikom melalui Direktorat Kehumasan dan Urusan Internasiona (DKUI) Universitas Amikom Yogyakarta dalam mempertahankan dan meningkatkan grafik pencarian dalam Google Trends. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme Adapun teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan penelitian dilakukan dengan trianggulasi metode dan sumber data. Hasil dari penelitian ini, DKUI menggunakan strategi Marketing Public Relations dengan teori Three Ways Strategy yaitu dengan Pull Strategy, Push Strategy, dan Pass Strategy. ER -