TY - THES M1 - bachelor AV - restricted Y1 - 2025/06/23/ A1 - Rosiyanto, Irawan Andang N2 - Desa Wisata Bendo Nyawiji mengusung wisata budaya berbasis kearifan lokal dan alam, namun identitas visualnya belum merepresentasikan potensi dan jati diri desa, serta bermasalah secara legalitas. Karya ini bertujuan memperkuat identitas visual sebagai media promosi, merepresentasikan filosofi desa, dan melegalisasi logo melalui pendaftaran HKI. Dalam pengembangan media promosi, logo ini berperan untuk mengenalkan, mengidentifikasi, dan menciptakan keunggulan kompetitif sebagai pembeda dengan kompetitor. Logo dalam karya ini menggunakan jenis combination mark, dengan gabungan beberapa elemen di dalamnya, seperti elemen tipografi typeface Radion yang berkarakter dekoratif, perpaduan warna split komplenter antara hijau, biru, dan coklat serta elemen simbol pohon bendo, keris pasopati, ombak dan lingkaran yang merepresentasikan identitas desa wisata. Selain itu, agar pesan dapat disampaikan secara jelas dan konsisten, diperlukan pedoman Graphic Standard Manual penting untuk media promosi efektif dan penerapkan identitas visual di berbagai media baik media cetak seperti kaos, topi, spanduk, totebag, payung, tumbler, kartu nama, stempel, leaflet, sticker, kop surat, dan buku tamu. Serta media digital seperti template media sosial Instagram dan kwitansi digital. UR - https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31198/ ID - universitasamikomyogyakarta31198 KW - Identitas Visual KW - Media Promosi KW - Bendo Nyawiji TI - {SKEMA ARTIS} PERANCANGAN ULANG DAN IMPLEMENTASI IDENTITAS VISUAL DESA WISATA BENDO NYAWIJI SEBAGAI MEDIA PROMOSI PB - Universitas AMIKOM Yogyakarta ER -