eprintid: 31166 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 12 dir: disk0/00/03/11/66 datestamp: 2025-11-18 03:44:02 lastmod: 2025-11-18 03:44:02 status_changed: 2025-11-18 03:44:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wahyudi, Wayan Dodi creators_nim: 21.96.2352 contributors_name: Nurussa'adah, Erfina corp_creators: Universitas AMIKOM Yogyakarta title: REPRESENTASI WISATA BUDAYA DALAM IKLAN GOJEK VERSI “KEMBALI KE MANGKUNEGARAN” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) ispublished: pub subjects: 300.300.302 divisions: ik full_text_status: restricted keywords: Wisata Budaya, Representasi Stuart Hall, Pura Mangkunegaran, Semiotika Roland Barthes abstract: Penelitian ini menganalisis representasi wisata budaya dalam iklan Gojek versi "Kembali ke Mangkunegaran" dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dan representasi Stuart Hall. Melalui analisis Barthes, penelitian ini membedah dua tingkat tanda, yaitu denotasi dan konotasi, untuk memahami bagaimana iklan tersebut membangun citra budaya lokal serta bagaimana pesan yang terkandung dalam iklan tersebut mengkomunikasikan nilai-nilai budaya yang dapat diterima oleh masyarakat luas. Pendekatan representasi Stuart Hall digunakan untuk menggali bagaimana iklan ini merepresentasikan budaya Mangkunegaran melalui tiga perspektif yaitu, reflektif, intensional, dan konstruktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Gojek "Kembali ke Mangkunegaran" tidak hanya memperkenalkan Pura Mangkunegaran sebagai destinasi wisata budaya, tetapi juga membangun narasi yang menggabungkan identitas budaya Jawa dengan kemajuan teknologi. Iklan ini memanfaatkan simbol-simbol budaya Mangkunegaran untuk menciptakan citra positif tentang bagaimana tradisi dan modernitas dapat berjalan berdampingan. Dengan demikian, iklan ini berfungsi sebagai media yang efektif dalam mempromosikan wisata budaya sekaligus mempertahankan nilai-nilai lokal dalam era globalisasi. date: 2025-07-25 date_type: published institution: Universitas AMIKOM Yogyakarta department: Fakultas Ekonomi & Sosial thesis_type: bachelor thesis_name: skripsi citation: Wahyudi, Wayan Dodi (2025) REPRESENTASI WISATA BUDAYA DALAM IKLAN GOJEK VERSI “KEMBALI KE MANGKUNEGARAN” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta. document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31166/1/COVER.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31166/2/BAB%20I.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31166/3/BAB%20II.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31166/4/BAB%20III.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31166/5/BAB%20IV.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31166/6/BAB%20V.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31166/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31166/8/Publikasi.pdf