TY - THES AV - restricted M1 - bachelor A1 - Dewantara, Muhamad Y1 - 2025/07/24/ UR - https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31136/ ID - universitasamikomyogyakarta31136 N2 - Penelitian ini membahas strategi komunikasi visual yang diterapkan dalam thumbnail Instagram Reels sebagai media promosi, dengan studi kasus pada akun @selingkarforum. Instagram Reels menjadi fitur yang populer karena kemampuannya dalam menarik perhatian melalui video pendek. Namun, daya tarik awal terhadap konten sangat dipengaruhi oleh desain thumbnail yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis elemenelemen komunikasi visual seperti ilustrasi, tipografi, teks, warna, dan layout dalam desain thumbnail yang digunakan oleh @selingkarforum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi visual yang konsisten dan sesuai dengan karakter audiens , mampu meningkatkan daya tarik visual dan efektivitas promosi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi kreator konten dalam mengembangkan strategi visual yang efektif di media sosial. PB - Universitas AMIKOM Yogyakarta TI - STRATEGI KOMUINIKASI VISUAL DALAM THUMBNAIL REELS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI (STUDI KUALITATIF PADA AKUN @SELINGKARFORUM) KW - Komunikasi Visual KW - Thumbnail KW - Instagram Reels KW - Promosi Digital KW - Strategi Visual ER -