TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi komunikasi brand akun Instagram @ilustra.see dalam membentuk identitas merek dan loyalitas komunitas ilustrator di Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi non-partisipan terhadap konten, interaksi, dan pemanfaatan fitur Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @ilustra.see membangun brand melalui konsistensi visual, gaya narasi khas, serta konten edukatif yang terstruktur. Format seperti Reels, carousel, dan highlight digunakan tidak hanya sebagai media informasi, tetapi juga untuk membangun resonansi emosional dan nilai bersama. Positioning brand difokuskan pada pengembangan kapasitas ilustrator dari tingkat dasar hingga profesional, diperkuat dengan advokasi, refleksi personal, dan pemetaan naratif profesi ilustrator. Analisis menggunakan Brand Resonance Model (Keller) dan konsep brand identity (Kapferer) mengungkap keberhasilan brand mencapai tingkat resonance serta membentuk loyalitas berbasis afeksi dan nilai komunitas. UR - https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31133/ ID - universitasamikomyogyakarta31133 PB - Universitas AMIKOM Yogyakarta KW - Strategi Komunikasi Brand KW - Instagram KW - Edukasi Kreatif KW - Brand Identity KW - Brand Resonance TI - STRATEGI KOMUNIKASI BRAND DI INSTAGRAM AKUN BISNIS @illustra.see M1 - bachelor AV - restricted Y1 - 2025/08/25/ A1 - Nadzir, Ilham ER -