eprintid: 31090 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 12 dir: disk0/00/03/10/90 datestamp: 2025-11-17 06:06:01 lastmod: 2025-11-17 06:06:01 status_changed: 2025-11-17 06:06:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aditya, Dimas creators_nim: 18.96.0940 contributors_name: Adiyanto, Wiwid corp_creators: Universitas AMIKOM Yogyakarta title: STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN WISATA VW BOROBUDUR DI PAGUYUBAN WIRA WIRI ispublished: pub subjects: 300.300.302 divisions: ik full_text_status: restricted keywords: Strategi Komunikasi, Pelayanan, Wisata VW, Borobudur abstract: Paguyuban Wira Wiri adalah salah satu kemitraan yang berfokus pada layanan pariwisata. Agar bisnis di sektor pariwisata dapat memenuhi tuntutan klien mereka yang beragam, mereka membutuhkan karyawan yang berpengetahuan luas, tepercaya, dan dapat diandalkan, serta rencana layanan yang solid. Dalam hal layanan, industri pariwisata didominasi oleh administrator media sosial dan pengemudi. Admin media sosial bertugas untuk melakukan promosi paket wisata, menangani pesanan / booking jasa wisata dan menerima komplain dari nasabah melalui media sosial. Sedangkan driver adalah petugas lapangan yang melayani dan mempertanggungjawabkan trip wisata konsumen. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Asosiasi Wira Wiri berencana mempromosikan layanan wisata VW Borobudur dan variabel apa yang akan membantu dan menghambat upaya mereka. Penelitian lapangan menggambarkan jenis penelitian ini. Untuk mengumpulkan data bagi sebuah laporan ilmiah, peneliti sering melakukan apa yang dikenal sebagai penelitian lapangan, yaitu meluangkan waktu di dunia nyata untuk melihat dan mencatat peristiwa-peristiwa objektif. Wawancara dan dokumentasi merupakan alat pilihan untuk mengumpulkan data. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa, “strategi komunikasi pelayanan admin sosial media dan driver pada Paguyuban Wira Wiri dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, yaitu menggunakan strategi dasar yaitu bersikap ramah dan komunikatif yang selalu diperhatikan, sementara strategi utamanya adalah Responiveness (Cepat Tanggap), Competence (Kompeten), Credibility (Dapat dipercaya), Contribution (Kontribusi), Honesty (Kejujuran), Service Excellent (Pelayanan prima) dan Innovation (Perubahan)”. date: 2025-06-29 date_type: published institution: Universitas AMIKOM Yogyakarta department: Fakultas Ekonomi & Sosial thesis_type: bachelor thesis_name: skripsi citation: Aditya, Dimas (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN WISATA VW BOROBUDUR DI PAGUYUBAN WIRA WIRI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta. document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31090/1/COVER.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31090/2/BAB%20I.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31090/3/BAB%20II.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31090/4/BAB%20III.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31090/5/BAB%20IV.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31090/6/BAB%20V.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31090/7/Daftar%20Pustaka%20dan%20Lampiran.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31090/8/Publikasi.pdf