@phdthesis{universitasamikomyogyakarta30938, month = {September}, year = {2025}, title = {\{SKEMA ENTREPRENEURSHIP - BUSINESS PLAN\} STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS EINSTUDIOS}, author = {Dhea Ananda}, school = {Universitas AMIKOM Yogyakarta}, keywords = {Einstudios, Strategi Bisnis, Business Model Canvas, Pemasaran Digital}, abstract = {Einstudios adalah sebuah bisnis yang berfokus pada solusi pemasaran digital untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Penelitian ini menganalisis strategi pengembangan bisnis Einstudios dalam merespons permasalahan yang dihadapi oleh UKM menggunakan metode penelitian Business Model Canvas dan analisis SWOT. Melalui survei terhadap pemilik UKM yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, ditemukan bahwa mereka terjebak dalam dilema antara kebutuhan untuk berkembang dan keterbatasan sumber daya. Banyak pemilik usaha harus mengambil peran ganda yang terperangkap dalam siklus intervensi yang disebabkan oleh kualitas konten yang rendah dari tim internal. Dampak dari masalah ini adalah terhambatnya pertumbuhan bisnis, karena risiko finansial dan kesulitan dalam rekrutmen tim profesional membatasi kemampuan UKM untuk bersaing secara efektif di pasar yang semakin padat. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah strategi untuk Einstudios menggunakan kerangka kerja seperti Business Model Canvas, Marketing Mix 7P, analisis SWOT, dan metodologi TAM, SAM, SOM. Strategi ini menawarkan solusi kemitraan berbasis langganan dan alur kerja harian yang fleksibel. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi strategi yang komprehensif dan praktis bagi Einstudios untuk meningkatkan daya saing dan mencapai tujuan bisnisnya.}, url = {https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30938/} }