TY - THES PB - Universitas AMIKOM Yogyakarta TI - EFEKTIVITAS INTEROPERABILITAS DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN SLEMAN KW - Efektivitas KW - Interoperabilitas KW - Pelayanan Administrasi Kependudukan KW - Mal Pelayanan Publik ID - universitasamikomyogyakarta30932 UR - https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30932/ N2 - Pada kesempatan ini peneliti melakukan penelitian tentang Efektivitas Interoperabilitas dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas interoperabilitas administrasi kependudukan di Kabupaten Sleman. Pelayanan ini diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan kepuasan masyarakat lebih lanjut, penting untuk memperkuat kolaborasi antar pemangku pemerintah dan lembaga guna membangun sistem pelayanan yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan masyarakat Sleman. Untuk mengukur Efektivitas Interoperabilitas dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sleman penulis menggunakan teori Efektivitas yang dilihat dari aspek 1) Pencapaian Tujuan, 2) Integrasi, 3) Adaptasi. Selain itu penulis juga menggunakan indikator Interoperabilitas yang dilihat dari aspek 1) Kompatibilitas Sistem, 2) Kecepatan dan Efesiensi Pertukaran Data, 3) Akurasi dan Konsistensi Data, 4) Aksesibilitas dan Ketersediaan Layanan, 5) Tingkat Pemanfaatan, 6) Feedback Pengguna, 7) Kualitas Layanan, 8) Keterlibatan Steakholder. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana peneliti melakukan kajian dan survei langsung dilapangan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan juga memberikan wawasan terhadap pemerintah terkait untuk memperkuat kerjasama dan pengembangan layanan serta kebijakan untuk kedepannya. Hasil penelitian ini menunjukkan Efektivitas Interoperabilitas dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sleman yaitu cukup efektif. Efisiensi yang dihasilkan dalam proses pelayanan khususnya di Mal Pelayanan Publik telah mencapai sasaran. Namun ada beberapa hal yang menjadi titik permasalahan dalam kinerja pelayanan yaitu Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang dimaksud dalam pelayanan ini adalah pegawai atau petugas pelayanan. Kendala SDM sangat mempengaruhi tingkat pelayanan kepada masyarakat yang menyebabkan kualitas pelayanan menjadi berkurang. Hal ini menunjukkan walaupun kondisi pelayanan telah menunjukkan efesiensi, tetapi masalah SDM bisa teratasi dengan berbagai kebijakan agar pelayanan tetap dapat berjalan secara optimal dan inklusif. A1 - Yuliyanto, Mico Y1 - 2025/07/31/ AV - restricted M1 - bachelor ER -