%X Website SMA N 1 Piyungan berfungsi sebagai sarana informasi yang menawarkan berbagai layanan terkait kegiatan sekolah. Website ini menjadi sangat penting bagi institusi pendidikan. Umumnya, tampilan antarmuka pada website dirancang untuk kemudahan akses pengguna sesuai kebutuhan. Banyak sekolah menyediakan platform digital mereka sendiri, namun sering kali mengabaikan aspek visual, kenyamanan pengguna, dan pengalaman pengguna dalam setiap fitur yang ditawarkan. Berdasarkan hasil kuesioner menggunakan System Usabilty Scale (SUS), website SMA N 1 Piyungan mendapatkan skor yang kurang memuaskan pada beberapa aspek: rancangan UI/UX website SMA N 1 Piyungan dapat dikategorikan sebagai desain yang kurang ramah pengguna dan belum cukup baik untuk di implementasikan, dikarenakan website SMA N 1 Piyungan yang lama memperoleh nilai sebesar 40 pada pengujian dengan metode SUS yang masuk dalam grade F. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa website ini perlu dirancang ulang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menggunakan metode Design Thinking. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Prototype yang kemudian dikembangkan menjadi Front End website menggunakan metode Design Thinking. Setelah dilakukan pengujian menggunakan System Usabilty Scale (SUS), website yang telah dirancang ulang memperoleh penilaian yang baik. Front end website SMAN 1 Piyungan telah diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS), dengan hasil skor “80” dengan serta masuk dalam kategori “Excellent ”. Hasil ini menunjukkan bahwa perancangan front end ini berhasil. Dengan demikian, perancangan ulang UI/UX dan Front End website SMA N 1 Piyungan berhasil diterima oleh pengguna dan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada. %L universitasamikomyogyakarta29684 %I Universitas AMIKOM Yogyakarta %T PERANCANGAN ULANG UI/UX DAN FRONT END BERBASIS WEBSITE PADA SMA NEGRI 1 PIYUNGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING %D 2024 %K Website, System Usability Scale, Design Thinking, UI/UX %A Alif Amin Rahmatullah