%0 Thesis %9 S1 - Sarjana %A Ilham, Arifin %A Universitas AMIKOM Yogyakarta, %B Fakultas Ilmu Komputer %D 2025 %F universitasamikomyogyakarta:29659 %I Universitas AMIKOM Yogyakarta %K Animasi 3D, Rigging 3D, Anatomi Serangga %T {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN RIGGING DAN ANIMASI KARAKTER ROBOT KUMBANG PADA FILM ANIMASI 3D "ARUNIKA" %U https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29659/ %X Pembahasan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bentuk rigging karakter robot kumbang yang akan digunakan dalam film animasi 3D berjudul "ARUNIKA". Rigging 3D merupakan salah satu proses yang sangat penting dalam pembuatan animasi tiga dimensi, di mana proses ini melibatkan pemasangan struktur tulang atau kerangka pada model karakter. Struktur ini bertindak sebagai dasar untuk memungkinkan karakter tersebut bergerak. Skripsi ini secara khusus bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem rigging pada sebuah karakter 3D yang berbentuk kumbang dengan tambahan elemen mekanik untuk mencerminkan desain robotik. Dalam proses ini, rigging dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan anatomi serangga, termasuk pengaturan pergerakan sayap, kaki, dan elemenelemen mekanik yang melekat pada karakter robot kumbang tersebut. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada pengembangan teknik rigging yang lebih inovatif, khususnya untuk mendukung produksi film animasi 3D seperti "ARUNIKA". Dengan sistem rigging yang dirancang dalam penelitian ini, ditunjukkan bagaimana struktur tulang dan kontrol yang tepat dapat diadaptasi untuk menciptakan gerakan yang sesuai dengan kebutuhan animasi.