eprintid: 29654 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 12 dir: disk0/00/02/96/54 datestamp: 2025-04-24 02:44:04 lastmod: 2025-04-24 02:44:04 status_changed: 2025-04-24 02:44:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Singarimbun, Nurul Agustin creators_nim: 21.82.1221 contributors_name: Purwanto, Ibnu Hadi corp_creators: Universitas AMIKOM Yogyakarta title: {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN TEKNIK RIGGING DAN ANIMASI KARAKTER PADA ANIMASI 2D "REDEMPTION OF SOULS" ispublished: pub subjects: 000.000.006 subjects: 696 divisions: ti full_text_status: restricted keywords: 2D Animasi, Cut Out, Rigging, Prinsip Animasi, dan Toonboom Harmony abstract: Rigging adalah proses pembuatan kerangka tulang digital pada karakter animasi agar bisa digerakkan secara fleksibel, sementara animasi adalah proses menghidupkan karakter melalui gerakan dan ekspresi yang sesuai dengan alur cerita. Penelitian ini membahas secara mendalam teknik rigging dan animasi karakter yang diterapkan dalam produksi opening animasi 2D pada game "Redemption of Souls". Studi ini mencakup tahapan pembuatan rigging, seperti pembuatan kontrol, layering, dan penempatan tulang (bones) di kedua tangan dan kaki juga badan, serta proses animasi yang meliputi keyframing dan frame by frame juga meliputi analisis proses produksi animasi dan penerapan prinsip-prinsip animasi seperti anticipation, secondary action, timing dan spacing. Pendekatan yang digunakan meliputi analisis literatur, implementasi teknis rigging dan animasi menggunakan perangkat lunak animasi 2D yaitu Toonboom Harmony. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi teknik rigging berbasis bone system dengan pendekatan animasi keyframe memberikan hasil yang optimal untuk kebutuhan produksi animasi pada opening animasi 2D game "Redemption of Souls" ini. date: 2024-12-24 date_type: published institution: Universitas AMIKOM Yogyakarta department: Fakultas Ilmu Komputer thesis_type: bachelor thesis_name: skripsi citation: Singarimbun, Nurul Agustin (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN TEKNIK RIGGING DAN ANIMASI KARAKTER PADA ANIMASI 2D "REDEMPTION OF SOULS". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta. document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29654/1/COVER.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29654/2/BAB%20I.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29654/3/BAB%20II.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29654/4/BAB%20III.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29654/5/BAB%20IV.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29654/6/Daftar%20Pustaka%20dan%20Lampiran.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29654/7/Sourcecode%20-%2021.82.1221.zip