%T TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY MARKER BASED PADA APLIKASI PENGENALAN CANDI GEBANG DI KOTA YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID %D 2025 %X Teknologi Realitas Augmentasi (AR) semakin populer dalam industri pariwisata sebagai alat untuk memperkaya pengalaman wisatawan. Candi Gebang, sebagai salah satu situs bersejarah utama di Indonesia, memiliki peluang untuk dijelajahi menggunakan AR, yang dapat memberikan informasi yang lebih interaktif dan mendalam bagi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pengunjung yang akan melihat candi gebang tanpa harus datang langsung ke lokasi Candi Gebang. Penelitian ini mengaplikasikan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap perencanaan, analisis, desain, pengembangan, dan pengujian di sekitar Candi Gebang. Berdasarkan hasil analisis, dilakukan perancangan aplikasi AR yang mencakup model 3D Candi Gebang, informasi sejarah, serta fitur navigasi interaktif. Implementasi ruang AR ini dilakukan dengan menggunakan Unity 3D dan Vuforia sebagai platform pengembangan AR. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi AR yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi Candi Gebang secara virtual, dengan informasi Sejarah yang disajikan secara interaktif. Evaluasi dilakukan melalui uji coba pengguna, yang menunjukan Tingkat kepuasan yang tinggi terhadap pengalaman memggunakan aplikasi. Diharapkan, aplikasi AR ini dapat menjadi alternatif yang menarik untuk pengalaman wisata Candi Gebang dan dapat di adopsi untuk situs bersejarah lainya. %L universitasamikomyogyakarta29551 %I Universitas AMIKOM Yogyakarta %K Augmented Reality, Candi Gebang, Unity, Vuforia, Multimedia Development Life Cycle (MDLC) %A Arlin Sulistyo Priambodo