%0 Thesis %9 S1 - Sarjana %A Anugerah, M Iqbal Roja %A Universitas AMIKOM Yogyakarta, %B Fakultas Ekonomi & Sosial %D 2024 %F universitasamikomyogyakarta:29491 %I Universitas AMIKOM Yogyakarta %K Pariwisata, Kualitas Konten, Minat Berkunjung, Media Sosial %T PENGARUH KUALITAS KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @EXPLORESIAK TERHADAP MINAT BERKUNJUNG FOLLOWERS KE OBJEK WISATA DI SIAK %U https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29491/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kualitas konten pada akun Instagram @exploresiak terhadap minat followers dalam mengunjungi destinasi wisata di Siak. Sebagai platform media sosial yang populer, instagram telah menjadi alat yang efektif untuk mempromosikan pariwisata melalui konten visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengambilan sampel secara acak (random sampling). Melibatkan 105 responden , yang merupakan followers dari akun Instagram @exploresiak. Teori StimulusOrganism-Response (SOR) digunakan untuk menjelaskan bagaimana media sosial dapat mempengaruhi perilaku melalui pesan yang disampaikan. Data diolah menggunakan perangkat lunak SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas konten memiliki pengaruh positif terhadap minat followers untuk berkunjung ke Siak.. Nilai R Square sebesar 0,205 menunjukkan bahwa 20,5% variasi minat berkunjung dapat dijelaskan oleh kualitas konten akun tersebut, sementara 79,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian ini.