%D 2025 %T {JALUR BUSINESS PLAN} STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS SORAYA.CO_ %L universitasamikomyogyakarta29471 %X Soraya.co_ merupakan bisnis dibidang fashion yang menyediakan kebutuhan fashion seperti hijab syar’i ukuran jumbo. Permasalahan konsumen merupakan salah satu alasan terbentuknya bisnis ini, yaitu konsumen merasa kesulitan ketika mencari toko yang secara spesifik menjual produk hijab syar’i dengan ukuran lebih dari 115 cm x 115 cm, sehingga konsumen harus lebih teliti untuk mencari hijab syar’i yang mereka inginkan. Soraya.co_ memasarkan produknya secara offline dan online dengan menggunakan media sosial seperti whatsapp dan facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keadaan usaha dan posisi perusahaan dibandingkan dengan pesaing, yang selanjutnya digunakan untuk menentukan perencanaan strategi pengembangan usaha. Penelitian ini menggunakan matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threath) untuk menganalisa faktor internal dan eksternal perusahaan yang mampu mempengaruhi kinerja usaha. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan BMC (Business Model Canvas) sebagai strategi pengembangan usaha Soraya.co_. BMC merupakan model bisnis yang terdiri atas sembilan elemen, yaitu: customer segment, value proposition, channel, customer relationship, revenue stream, key resource, key activities, key partner, dan cost structure. Penelitian ini diharapkan mampu membantu usaha Soraya.co_ dalam menentukan strategi pengembangan dalam usahanya. %I Universitas AMIKOM Yogyakarta %K Hijab, Strategi Pengembangan, Business Model Canvas, SWOT %A Yasmine Soraya Ramadhani