TY - THES M1 - bachelor ID - universitasamikomyogyakarta29180 Y1 - 2024/11/19/ UR - https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29180/ AV - restricted KW - Motion Graphic KW - Media Pembelajaran KW - Multimedia KW - Fotosintesis KW - Animasi PB - Universitas AMIKOM Yogyakarta A1 - Hatmaji, Alfian TI - PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN TEKNIK MOTION GRAPHIC PADA SDN GENTAN 02 SUKOHARJO N2 - Dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, banyak konsep yang dapat diilustrasikan langsung dari alam, salah satunya adalah fotosintesis. Proses ini merupakan cara tumbuhan memproduksi makanan dengan memanfaatkan zat hijau daun atau klorofil, air (H?O), karbondioksida (CO?) den energi dari cahaya matahari, menghasilkan makanan dan oksigen (O?). Dengan menyajikan proses fotosintesis secara visual, diharapkan peserta didik dapat lebih mudah memahami materi yang sering kali dianggap sulit. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat media pembelajaran animasi 2D mengenai fotosintesis menggunakan teknik motion graphic yang ditujukan untuk peserta didik kelas V di SDN Gentan 02 Sukoharjo. Dalam tahap penelitian, analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui harapan peserta didik dan pengajar terkait media pembelajaran. Data diperoleh melalui survei dan wawancara yang kemudian digunakan sebagai dasar perancangan. Proses pembuatan media mencangkup pengembangan storyboard dan animasi, menggunakan perangkat lunak seperti Adobe After Effect CS6 dan Adobe Illustrator 2020. Teknik motion graphic yang digunakan dalam animasi ini dilengkapi dengan teks, gambar dan suara, sehingga informasi disajikan secara komprehensif. Ini memberikan peserta didik berkesempatan untuk membaca, memahami dan mempraktikkan materi sekaligus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk animasi 2D ini efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik terhadap konsep fotosintesis. Respon positif dari peserta didik menandakan bahwa penyampaian materi yang interaktif dan menarik dapat membantu mereka memahami proses ilmiah dengan lebih baik. Dengan demikian, media animasi ini tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu ajar, tetapi juga sebagai alternatif inovatif dalam pendidikan yang dapat meningkatkan pengalaman belajar peserta didik di sekolah dasar. ER -