TY - THES Y1 - 2024/12/18/ UR - https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29122/ M1 - bachelor ID - universitasamikomyogyakarta29122 TI - IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME KARAKTER 2D PADA SCENE PEDESAAN REMAKE JINGLE AMIKOM N2 - Perkembangan industri animasi sudah sangat berkembang, tidak hanya di luar negeri namun negara indonesia telah berkembang sangat pesat dan beragam, mulai dari teknik tradisional sampai dengan dibantu oleh teknologi komputer, animasi memiliki beragam jenis seperti 2D dan 3D, untuk animasi 2d ada beberapa teknik yang digunakan dalam pembuatan animasi, salah satunya adalah frame by frame. Teknik frame by frame adalah sebuah teknik yang dibuat dari banyak gambar atau sketsa yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah gerak. Dalam penelitian ini penulis membuat sebuah musik video remake jingle amikom yang mencampurkan antara live shoot dengan sebuah animasi 2D. penulis membuat animasi karakter 2D dengan menerapkan teknik animasi frame by frame pada karakter 2D Karena teknik ini memberikan animator kendali penuh atas animasi yang dibuat dan memungkinkan animator menerapkan gerakan yang lebih akurat. Tantangan teknis dalam pembuatan animasi karakter adalah bagaimana menentukan timing per frame pergerakan dari tiap karakter sehingga dapat menyesuaikan dengan model live shootnya. Penulis nantinya akan menggunakan aplikasi clip studio paint dalam pembuatan asset dan animasi karakter karena ui yang mudah dipahami dan beberapa fitur yang mempermudah dalam pembuatan animasi. KW - Animasi 2D KW - Frame by Frame KW - Prinsip Animasi AV - restricted A1 - Jauzuly, Muh Ikram Qayim PB - Universitas AMIKOM Yogyakarta ER -