eprintid: 28940 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 12 dir: disk0/00/02/89/40 datestamp: 2025-03-19 04:58:44 lastmod: 2025-03-19 04:58:44 status_changed: 2025-03-19 04:58:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dzulfikar, Hilmie creators_nim: 21.82.1124 contributors_name: Filza, Muhammad Fairul corp_creators: Universitas AMIKOM Yogyakarta title: {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI SCULPTING MODELING DALAM PEMBUATAN ASET KARAKTER 3 DIMENSI PADA PERMAINAN "ANGST VERLOREN" ispublished: pub subjects: 000.000.006 subjects: 696 divisions: ti full_text_status: restricted keywords: Sculpting Modeling, Aset Karakter 3D, Blender 3D, Game Development abstract: Penelitian ini membahas tentang implementasi sculpting untuk membuat sebuah karakter 3 Dimensi pada game “Angst Verloren” . Teknik sculpting dipilih karena teknik ini dapat menghasilkan sebuah detail tinggi pada model desain karakter, dan digunakan dalam pembuatan awal karakter yang dapat di improvisasi kan lagi dari desain awal. Pada penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana teknik sculpting dapat memberikan fleksibilitas dalam membuat sebuah model karakter 3 Dimensi. Metode penelitian mencakup tahap pra produksi, seperti pembuatan konsep dan desain karakter, hingga tahap pasca produksi, seperti texturing, rigging, dan animasi . Aset yang dibuat meliputi karakter utama, musuh, dan beberapa karakter pendukung yang disesuaikan dengan tema medieval. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa teknik sculpting modeling efektif dalam pembuatan sebuah aset karakter, aset environment , maupun aset properties yang membutuhkan detail yang cukup tinggi. Meskipun demikian, teknik ini terdapat beberapa kendala pada keterbatasan waktu dan keterampilan teknik dalam beberapa aspek produksi. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya perencanaan yang baik dan meningkatkan kemampuan teknik dalam melakukan produksi. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan aset 3 Dimensi dengan menunjukkan teknik sculpting sebagai senjata utama dalam industri game. date: 2024-12-18 date_type: published institution: Universitas AMIKOM Yogyakarta department: Fakultas Ilmu Komputer thesis_type: bachelor thesis_name: skripsi citation: Dzulfikar, Hilmie (2024) {SKEMA MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI SCULPTING MODELING DALAM PEMBUATAN ASET KARAKTER 3 DIMENSI PADA PERMAINAN "ANGST VERLOREN". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta. document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28940/1/COVER.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28940/2/BAB%20I.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28940/3/BAB%20II.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28940/4/BAB%20III.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28940/5/BAB%20IV.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28940/6/Daftar%20Pustaka%20dan%20Lampiran.pdf document_url: https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28940/7/Sourcecode%20-%2021.82.1124.zip